Tips & TrickTips Otomotif

Waspadai Kerusakan Mobil Jika Sering Lewat Jalan Berlubang

Sudah bukan rahasia lagi jika kondisi jalanan di Indonesia memang kurang baik. Tak sedikit daerah yang memiliki jalanan dalam kondisi rusak dan berlubang. Bahkan di beberapa titik di kota besar, lubang terlihat di jalan raya yang cukup membahayakan bagi pengguna jalan.

Selain berbahaya, sering melalui jalan berlubang juga ternyata dapat membuat mobil anda bermasalah. Mobil yang sering menghantam lubang dapat mengalami kerusakan di berbagai titik. Sayangnya, titik-titik tersebut juga merupakan bagian yang cukup vital untuk mobil. Sebut saja contohnya ban, pelk mobil, ball joint atau juga bushing arm dan bearing roda.

Tips Mengemudi Mobil di Jalan Berlubang

Jika anda sering mengendarai mobil anda melalui jalan berlubang, maka ada baiknya untuk mulai mewaspadai gejala-gejala adanya kerusakan pada komponen mobil anda. Umumnya, kerusakan dapat dilihat secara langsung seperti pada ban dan juga pelek mobil. Ban yang sering menghantam lubang di jalan akan memiliki benjolan yang cukup parah. Sementara pada bagian pelek mobil akan terlihat tak rata atau peyang. Jika hal ini terjadi, maka anda harus segera memperbaiki atau menggantinya. Jika tidak segera diatasi, bisa saja kerusakan akan menjalar ke bagian bushing arm atau juga shock-absorber.

Selain dilihat secara visual, kerusakan yang terjadi setelah mobil menghantam lubang dapat dirasakan saat anda tengah berkendara. Munculnya bunyi-bunyian yang tak biasa atau kemudi yang mulai sulit diarahkan untuk lurus adalah salah satu gejala yang dapat dirasakan. Jika hal ini terjadi, maka perlu diperiksa di bengkel kepercayaan anda untuk mengetahui komponen apa saja yang rusak. Namun dapat dipastikan jika kerusakan ada pada komponen yang menunjang fungsi kaki dan kemudi seperti tie rod, ball joint dan lainnya.

Komponen lain yang juga rawan untuk mengalami kerusakan jika mobil sering menghantam lubang adalah bearing roda. Komponen ini memiliki fungsi sebagai bantalan as roda yang terus berputar. Meski pada umumnya bearing roda didesain untuk tahan dipergunakan hingga 100 ribu kilometer, namun bearing tidak didesain untuk menerima hantaman yang keras dengan intensitas yang sering. Hantaman roda pada lubang akan membuat usia pakai bearing roda menjadi berkurang.

Oleh karena itu, jika anda melewati jalanan yang kurang baik atau berlubang, tingkatkan konsentrasi dan perlambat laju kendaraan anda. Lewati lubang dengan perlahan agar mobil tidak menghantam lubang dengan terlalu keras.

Related Articles

1 thought on “Waspadai Kerusakan Mobil Jika Sering Lewat Jalan Berlubang”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker