Tips & TrickTips MengemudiTips Otomotif

Waspadai Aksesoris Mobil Yang Mengganggu Konsentrasi Berkendara

Untuk wanita, aksesoris mungkin menjadi komponen wajib dalam menunjang penampilan mereka. Tak hanya aksesoris untuk kecantikan, tapi aksesoris yang digunakan pada mobil juga dapat menjadi tanda identitas yang menunjukkan apa yang mereka sukai. Jadi jangan heran jika mobil wanita biasanya memiliki aksesoris yang menimbulkan kesan lucu, elegan atau kesan lain yang ingin ditunjukkan.

Secara umum, memang tidak ada aturan yang melarang pengunaan aksesoris berupa pernak-pernik di mobil. Kecuali aksesoris yang memang tidak diperbolehkan seperti penggunaan lampu strobe. Namun ternyata, pemilihan aksesoris yang kurang tepat juga dapat menjadi hal yang mengalihkan konsentrasi pengemudi sehingga membahayakan diri mereka saat mengemudi. Maka dari itu, kenali beberapa aksesoris berdandan dan juga aksesoris mobil yang sebaiknya diwaspadai penggunaannya saat akan mengemudikan mobil.

Aksesoris Mobil Berbahaya Untuk Pengemudi

Hiasan Dashboard atau Kabin
Untuk mobil wanita, seringkali pada bagian kabin dihiasi pernak-pernik yang menarik perhatian. Contohnya saja penempatan boneka, tempat tisu atau ornament lainnya pada dashboard atau area kaca belakang. Padahal peletakkan boneka di titik-titik tersebut dapat mengurangi area pandangan kita saat mengemudi.
Selain itu, jika mobil tiba-tiba bermanuver, boneka bisa saja terlempar dan membuat anda kehilangan konsentrasi atau bahkan menyebabkan reflek yang tidak diinginkan. Misalkan saja secara reflek ingin menangkap boneka tersebut. Lebih berbahaya lagi jika boneka terlempar ke bawah kaki pengemudi dan mengganjal pedal rem atau kopling.

Pembungkus Setir Kemudi
Salah satu aksesoris yang paling banyak digunakan juga adalah pembungkus setir. Untuk aksesoris ini ada banyak modelnya, diantaranya adalah pembungkus setir boneka yang terbuat dari fabric dan memiliki bulu-bulu halus. Meski terlihat menarik, pembungkus setir ini biasanya memiliki grip yang rendah terhadap setir itu sendiri. DIkhawatirkan saat akan melakukan manuver dan membelokkan kendaraan, setir tidak berputar sesuai keinginan karena pembungkusnya tidak merekat kuat.

Gadget Dan Juga Tas
Banyak pengemudi yang dengan sengaja meletakkan tas, dompet dan juga gadget mereka di bangku penumpang depan dengan alasan mudah untuk dijangkau saat dibutuhkan. Padahal jika tas atau gadget tersebut tiba-tiba jatuh, bisa saja pengemudi akan reflek menangkapnya dan membahayakan diri yang tengah berkendara. Sebaiknya, letakkan tas di lantai kursi penumpang depan atau pada kursi belakang agar lebih aman. Kemudian, letakkan gadget pada konsol tengah yang memang sudah disediakan. Jangan pula meletakkan gadget seperti ponsel pada dashboard anda. Jika membutuhkan akses dompet di perjalanan seperti untuk bayar tol, maka siapkan sebelum memulai perjalanan dan letakkan di tempat yang mudah di jangkau seperti konsol tengah.

Pemilihan Sepatu dan Aksesoris Penunjang Penampilan
Untuk yang satu ini mungkin bukan aksesoris pada mobil, tapi pada diri si pengemudi sendiri. Saat akan mengemudi, hindari penggunaan sepatu dengan hak tinggi atau wedges. Hal ini dikarenakan sepatu jenis tersebut dapat mengurangi sensitifitas kaki terhadap pedal dan terkadang juga memperlambat respon. Penggunaan sandal juga kurang tepat, karena ujung sandal berpotensi menyangkut pada pedal saat kaki anda akan berpindah dari pedal yang satu ke pedal yang lainnya. Cobalah untuk menggunakan sepatu dengan alas tipis yang nyaman jika anda akan mengemudi.

Untuk aksesoris seperti gelang atau kalung, jika memiliki model yang rumit dan berpotensi tersangkut, maka simpan terlebih dahulu saja. Kenakan aksesoris tersebut saat anda sudah sampai tujuan dan akan turun dari kendaraan. Aksesoris yang tersangkut saat mengemudi akan sangat mengganggu konsentrasi berkendara sehingga membahayakan diri anda dan juga orang lain.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker