Mobil Retro

Toyota Corolla DX, Sedan Retro Sejuta Penggemar

Sedan retro Corolla DX mungkin bisa dibilang sebagai salah satu mobil keluaran Toyota yang masih digemari meski sudah berusia uzur. Buktinya, meski sudah berusia lebih dari 30 tahun, Toyota Corolla DX masih sering seliweran di jalan raya dengan berbagai macam kondisi tentu saja. Selain itu, di situs jual beli mobil online, Corolla DX bisa dibilang cukup mendominasi untuk kategori mobil lawas. Ini adalah salah satu bukti kalau mobil ini masih banyak yang cari.

Toyota Corolla DX (E70) adalah generasi ke-empat dari keluarga Corolla dan merupakan seri terakhir untuk keluarga Corolla dengan penggerak roda belakang (RWD). Meski memiliki banyak varian di seluruh dunia, di Indonesia sendiri resminya yang beredar adalah seri KE70 dengan 4 pintu dan mengusung mesin 4K 1300cc. Tapi hal ini bukan berarti bahwa varian lain Corolla DX tidak ada di Indonesia. Kalau anda mengikuti artikel tentang gathering mobil retro atau komunitas Corolla DX, anda akan melihat beberapa keluarga DX yang langka. Sebut saja DX 2 pintu atau DX wagon!

Sedan Retro Corolla DX

Jenis Model Corolla DX di Indonesia

Secara umum, ada beberapa jenis atau model Corolla DX yang beredar di Indonesia. Namun dari spesifikasi, tidak ada perbedaan dari model-model yang ada. Yang membedakan hanyalah desain dan tampilan saja serta beberapa penambahan fitur. Model tersebut bisa dibedakan dengan melihat tahun produksinya sebagai berikut.

Corolla DX 1980
Corolla DX 1980 yang pertama kali dirilis memiliki ciri khas dari 4 buah lampu bulat pada bagian depan dan menggunakan bemper besi / stainless yang memiliki penutup karet pada masing-masing ujungnya. Bagian dashboard berwarna coklat dan tidak memiliki petunjuk RPM pada dashboard. Sementara spion yang menempel adalah jenis spion fender atau spion tanduk.

Corolla DX 1981
Pada seri produksi tahun 1981, perubahan hanya terjadi pada bagian grill dan lampu depan yang berubah menjadi 2 buah lampu persegi. Lalu spion berpindah posisi menjadi spion pintu. Selain itu, tidak ada perubahan apapun.

Corolla DX 1982 dan 1983
Pada tahun 1982, desain Corolla DX mengalami perubahan yang cukup drastis. Lampu depan yang semula persegi terlihat menjadi lebih memanjang. Lalu lampu sein depan menjadi lebih lebar dan menyudut masuk ke bagian dalam. Bemper masih menggunakan stainless dengan karet pada bagian ujungnya. Pada bagian interior menjadi lebih eksklusif dan dashboard bernuansa coklat yang lebih tua. Tambahan yang cukup drastis juga pada dashboard pengemudi yang sudah menampilkan petunjuk RPM mesin. Model ini terus bertahan hingga beberapa waktu produksi tahun 1983.

Corolla DX 1983+
Seri ini merupakan seri terakhir Corolla DX yang diproduksi di Indonesia. Perbedaan yang terlihat dari desain model sebelumnya adalah pada bumper yang berubah menjadi bumber karet yang terlihat lebih mancung. Selain itu, pada model ini sudah disediakan tuas untuk membuka tutup bensin dari dalam.

Kelebihan Mobil Retro Corolla DX

Untuk anda yang sedang memilih mobil lawas yang ingin dimiliki pertama kali, berikut adalah beberapa kelebihan yang patut dipertimbangkan.

Mesin Tangguh 4K
Mesin keluarga K-series dari Toyota memang sudah cukup melegenda dan memiliki nama yang sangat baik. Buktinya, sejak pertama digunakan pada tahun 60-an, mesin ini masih bertahan hingga terakhir digunakan untuk mobil keluarga Toyota Kijang Kapsul akhir 90-an. Banyaknya varian mobil yang menggunakan mesin ini menyebabkan sparepart mesin juga bertaburan di pasaran dengan harga yang relatif murah. Mesin 4K juga terkenal cukup irit, bahkan untuk menggerakkan mobil berbadan besar seperti pada Kijang. Jadi bayangkan kalau yang digerakkan mobil kecil seperti DX, tentu saja lebih lincah dan lebih irit. Setidaknya, itu yang saya alami.

Ruang Mesin Cukup Lega
Untuk penggila modifikasi dan mengejar kecepatan, ruang mesin yang luas pada Corolla DX sangat memungkinkan jika ingin melakukan swap engine. Umumnya, swap engine dilakukan dengan mesin K-series yang lebih muda seperti mesin 5K dan 7K atau mesin dengan performa tinggi seperti 4A-GE.

Penggerak Roda Belakang
Untuk hal yang satu ini sifatnya lebih ke selera masing-masing saja. Namun beberapa orang memang mencari mobil berpenggerak roda belakang karena kebutuhan untuk balap, drift atau lainnya.

Komunitas Besar dan Tersebar
Keluarga Corolla mungkin bisa dibilang memiliki komunitas yang harus diperhitungkan diantara komunitas mobil lawas lainnya. Seri Corolla yang cukup banyak, menyebabkan komunitas Corolla juga tersebar luas dengan banyak anggota. Dengan banyaknya komunitas, maka dapat bertukar informasi pula kalau menemui masalah mengenai mobil ini atau sekedar mencari informasi terkait sparepart.

Tapi ada beberapa hal pula yang mungkin perlu diperhitungkan sebelum memboyong Corolla DX ke garasi rumah anda. Yang pertama, mobil ini terbilang cukup minim fitur. Standarnya, mobil ini tidak memiliki power steering, central lock dan power window. Mungkin wajar kalau untuk kategori mobil lawas. Tapi jika memang dibutuhkan, Corolla DX dapat dipasangkan power steering hingga power window dengan mudah.

Harga Jual Mobil Corolla DX

Peminat yang tinggi ditambah nama besar Toyota membuat harga Corolla DX terbilang cukup tinggi untuk harga mobil berusia 30 tahunan. Dalam kondisi biasa-biasa saja, pemilik yang akan menjual mobilnya dapat mematok harga hingga 20 jutaan. Kalau kondisi mesin sangat sehat, banyak part original dan sudah siap jalan jarak jauh, jangan kaget kalau penjual memasang harga di atas 30 jutaan!

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker