Tips & TrickTips MengemudiTips Otomotif

Tips Untuk Menghemat Konsumsi BBM Mobil

Harga minyak yang tidak menentu dan kebijakan pemerintah untuk menaikkan harga BBM di pasaran memang membuat pemilik kendaraan harus memutar otak lebih keras untuk melakukan penghematan. Mulai dari penggunaan alat atau teknologi penghemat BBM, hingga mengurangi aktifitas agar tidak terlalu sering menggunakan mobil untuk bepergian.

Padahal, ada beberapa tips dan cara yang dapat dicoba agar konsumsi BBM mobil dapat lebih irit. Atau setidaknya, tips yang dapat dilakukan agar pengeluaran untuk membeli BBM dapat dilakukan lebih efisien. Simak beberapa tips hemat konsumsi BBM mobil berikut ini untuk anda coba.

Tips Menghemat KOnsumsi BBM Mobil

Periksa Kondisi Filter Udara
Meski terdengar tidak ada hubungannya dengan konsumsi BBM, namun filter udara merupakan sumber penyaring udara yang masuk ke sistem pembakaran. Jika filter udara dalam kondisi kotor, maka pengemudi akan merasakan mesin seperti agak berat atau tersendat. Pengemudi cenderung akan menekan gas lebih dalam, sehingga membuat konsumsi BBM jadi meningkat. Bersihkan filter udara secara rutin atau ganti sesuai dengan spesifikasi yang dituliskan oleh pabrik aka membantu meringankan kerja mesin.

Periksa Tekanan Angin Ban Mobil
Tekanan angin pada ban menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM mobil anda. Jika tekanan angin kurang atau ban kempes, maka konsumsi BBM akan lebih boros karena mobil jadi berjalan dengan menggunakan velg. Namun jika terlalu keras, mobil juga akan terasa bumpy dan membuat resiko ban menjadi lebih cepat benjol.

Pilih Jenis BBM Yang Tepat
Tipe dan jenis mobil terbaru biasanya sudah menggunakan mesin dengan kompresi di atas 9.0:1. Dengan kompresi tersebut, maka BBM yang dibutuhkan setidaknya memiliki angka okta di atas 90. Spesifikasi BBM yang memenuhi kriteria tersebut adalah pertamax atau yang sekelasnya. Jika menggunakan BBM dengan oktan yang lebih rendah, maka bahan bakar tersebut akan lebih cepat habis terbakar dan menjadi lebih boros.

Kerja Pendingin Kabin / AC
Di daerah dengan suhu yang cukup panas, keberadaan AC mobil tentu menjadi hal yang cukup penting. Namun yang perlu diketahui adalah bahwa keberadaan AC sangat mempengaruhi konsumsi BBM dan juga performa mesin mobil. Agar mesin dan AC tetap memberikan performa terbaiknya, perhatikan kondisi bagian-bagian AC dan pastikan dalam kondisi yang baik. Contohnya adalah dengan memastikan kondisi filter AC tetap dalam kondisi yang bersih.

Spooring dan Balancing
Untuk membantu meringankan kerja mesin, maka posisi dan kondisi ban mobil juga perlu diperhatikan. Jika sering digunakan, maka kemungkinan sudut roda juga sudah berubah dari kondisi standar mobil tersebut. Terlebih lagi jika jalanan yang sering dilalui tidak mulus. Cobalah melakukan spooring dan balancing agar beban mobil dapat dibagi secara merata pada keempat rodanya. Dengan demikian, maka kerja mesin akan menjadi lebih ringan dan konsumsi BBM tentu dapat lebih dihemat.

Related Articles

2 thoughts on “Tips Untuk Menghemat Konsumsi BBM Mobil”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker