Tips & TrickTips Otomotif

Tips Untuk Mengatasi Mesin Mobil Overheat

Mesin mobil overheat adalah kondisi dimana suhu mesin terlalu tinggi jauh di atas suhu optimal mesin. Saat berkendara, kita bisa memonitor kondisi suhu mesin melalui jarum penunjuk yang ada pada panel informasi di dashboard. Apabila jarum terus bergerak menuju huruf H, berarti suhu mobil semakin meningkat. Ada baiknya untuk berhenti sejenak dan mendinginkan suhu mobil anda ketika mulai muncul gejala mesin mobil overheat.

Jika mobil sampai overheat atau terlalu panas, atau bisa juga saat jarum sampai ke titik H, berarti ada yang salah pada sistem pendinginan mesin mobil anda. Namun untuk langkah awal mengatasi mesin mobil overheat, anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini.

Penyebab Mesin Mobil Overheat Kenapa

Langkah Mengatasi Mesin Mobil Overheat

Periksa Komponen Selang Radiator
Jika anda bertanya kenapa mesin mobil overheat, mungkin langkah awalnya adalah mencari penyebabnya. Kecurigaan awal tentu ke kerusakan sistem pendinginan mesin. Salah satu hal yang paling sering menjadi penyebab mesin overheat adalah karena air radiator yang tiba-tiba habis. Hal ini umumnya dikarenakan ada kebocoran pada komponen selang radiator. Jika ini adalah masalahnya, maka ada baiknya anda segera mengganti selang radiator dengan yang baru. Namun jika anda dalam perjalanan, anda dapat menutup kebocoran tersebut dengan menggunakan lem karet. Pastikan pula klem pengencang ujung selang terpasang kuat dan tidak menimbulkan rembesan air.

Periksa Kondisi Thermostat
Thermostat adalah komponen yang mengatur siklus masuknya air pendingin dari radiator ke dalam mesin mobil. Apabila suhu mesin sudah mencapai titik tertinggi yang dapat diterima (umumya 80 derajat), maka thermostat secara otomatis akan membuka katup sehingga air dari radiator akan masuk mendinginkan mesin. Kerusakan pada thermostat akan membuat siklus air pendingin ini menjadi tidak lancar, sehingga ketika suhu mesin mulai tinggi, tidak ada air yang mengaliri mesin untuk menurunkan suhunya.

Untuk menguji kondisi thermostat, tentu dapat merendamnya dengan menggunakan air panas yang hampir mendidih. Jika saat dimasukkan ke dalam air dia membuka, maka thermostat tersebut dalam kondisi baik. Namun jika tidak, maka berarti anda harus menggantinya dengan yang baru.

Selalu Bersihkan Radiator
Bagian dalam dari radiator yang kotor akan membuat aliran air di dalamnya menjadi tidak lancar. Sehingga kemudian sirkulasi air yang keluar masuk juga menjadi terhambat. Untuk membersihkan radiator, anda dapat menggunakan jasa tukang servis radiator atau menggunakan cairan khusus untuk membersihkan bagian dalam radiator. Dengan cairan tersebut, kotoran yang menempel dan mempersempit arus air akan rontok dan dapat dibuang sehingga radiator menjadi bersih.

Periksa Pompa Air Radiator
Umumnya, kerusakan pada pompa air radiator ini adalah karena karet yang getas atau pecah dan harus diganti. Namun tidak menutup kemungkinan jika pompa airnya sendiri yang rusak. Untuk mengujinya, anda dapat memutar pulley dengan tangan, namun terlebih dahulu lepas belt agar tidak terlalu berat. Jika kemudian anda merasakan pulley goyang dan berat, maka ada kemungkinan pompa air radiator mobil anda sudah rusak dan harus segera diganti.

Itulah beberapa penyebab mesin mobil overheat dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker