Berita MobilTips Otomotif

Tips Untuk Membeli Mobil Secara Kredit

Kebutuhan alat transportasi memang sekarang seperti menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Dengan beberapa kondisi, seperti anggota keluarga, jarak tempuh perjalanan yang sering dilakukan hingga kondisi lainnya, mungkin sebagian orang akan menganggap mobil sebagai salah satu alat transportasi pribadi terbaik. Apalagi untuk anda yang khawatir dengan kondisi cuaca yang tak menentu saat beraktifitas dan jaminan keselamatan yang lebih baik.

Namun membeli mobil bukanlah hal yang bisa dilakukan begitu saja tanpa pertimbangan. Terlebih jika anda akan membeli mobil dengan menggunakan pembiayaan secara kredit. Anda akan memerlukan perhitungan yang lebih matang dan sesuai dengan budget yang anda miliki. Hal ini tentu tidak dapat dilakukan dengan terburu-buru. Maka dari itu, berikut ini beberapa tips yang dapat anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli mobil baru atau bekas secara kredit.

Tips Membeli Mobil Secara Kredit

Hitung Kemampuan Keuangan Bulanan Anda
Saat membeli mobil secara kredit, baik mobil baru atau bekas, anda harus mempertimbangkan tambahan pengeluaran yang akan mengikuti. Pada awal membeli mobil, anda mungkin sudah menyiapkan sejumlah uang muka. Namun anda perlu memperhatikan pula kebutuhan bulanan seperti cicilan bulanan serta biaya lain seperti asuransi dan perawatan mobil anda nantinya. Jika melihat tips dari beberapa perencana keuangan, untuk biaya cicilan kredit mobil ini nantinya jangan melebihi sekitar 20% dari pendapatan bulanan anda.

Pastikan Jenis Mobil Pilihan
Agar proses seleksi anda dalam memilih mobil yang akan anda beli, ada baiknya anda membuat list mobil incaran anda. Buat secara detail mulai dari jenis kategori mobil, batasan harga, fitur-fitur yang dibutuhkan dan sebagainya. Dengan cara ini anda akan dapat membuat pilihan mobil yang masuk kategori kebutuhan anda semakin mengerucut tanpa banyak membuang-buang waktu.

Pertimbangkan Beli Mobil Bekas
Dengan pembiayaan kredit, anda akan membayar lumayan tinggi termasuk dengan bunga kreditnya. Dan jangan lupakan fakta bahwa mobil baru juga akan mengalami penurunan nilai yang cukup cepat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan membeli mobil bekas. Meski dalam kondisi bekas, anda tetap dapat membeli mobil tersebut dengan cara kredit. Meski tentu akan lebih baik membeli mobil bekas secara cash agar tidak membebani pengeluaran bulanan anda kedepannya.

Tawar Harga Mobil Yang Ingin Anda Beli
Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa harga yang ditawarkan dalam simulasi kredit oleh sales mobil sebenarnya masih bisa ditawar, meski tidak terlalu besar. Misalkan saja meminta mengecilkan kredit bulanan dengan merubah nilai uang muka atau meminta potongan-potongan lainnya. Bandingkan harga dan potongan yang anda peroleh antara dealer yang satu dengan dealer lainnya untuk mendapat harga yang terbaik.

Dapatkan Pilihan Kredit Dengan Bunga Terbaik
Saat ini banyak pihak leasing maupun bank yang menawarkan pembiayaan kredit mobil dengan bunga yang bersaing. Maka dari itu, jangan ragu untuk membandingkan antara tawaran kredit antara yang satu dengan yang lainnya. Jika anda memiliki kemampuan tawar menawar yang baik, jangan ragu untuk menawar dan membandingkan antara penyedia kredit. Dengan demikian, anda memiliki peluang untuk memperoleh kredit dengan bunga yang paling menarik.

Related Articles

1 thought on “Tips Untuk Membeli Mobil Secara Kredit”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker