Mobil BekasTips & TrickTips Otomotif

Tips Sederhana Untuk Membeli Mobil Bekas

Mobil bekas atau second sepertinya masih menjadi pilihan yang cukup tinggi di pasar otomotif Indonesia. Meski mobil yang baru dan masih dipasarkan di dealer memiliki beberapa tipe dengan harga yang mulai terjangkau dengan pilihan kredit yang bertujuan untuk meringankan calon konsumen, tapi mobil bekas lebih menggoda dengan harga yang mungkin lebih terjangkau. Apalagi jika kita mau bersabar dan lebih teliti, tidak mustahil kita bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga terjangkau namun memiliki kualitas prima.

Namun ramainya pasar mobil bekas ini kadang mengundang pedagang-pedagang mobil bekas yang nakal dan ingin mencari keuntungan lebih. Mobil yang terlihat masih kinclong dan terawat, belum tentu menggambarkan kondisi sebenarnya dari mobil tersebut. Apalagi untuk kita yang memiliki dana terbatas, membeli mobil bekas yang ternyata bermasalah akan membuat kita merogoh kocek lebih dalam lagi untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan dan kekurangan dari mobil tersebut.

Tips Sederhana Membeli Mobil bekas Pemula
Ilustrasi : Solopos.com

Sebagai calon pembeli, ada baiknya kita terlebih dahulu menentukan batasan dan mempelajari beberapa hal sebelum meminang mobil bekas yang kita incar. Berikut ini beberapa tips membeli mobil bekas yang cukup sederhana. Khususnya untuk pemula seperti saya, atau anda, yang masih belum banyak berpengalaman di dunia otomotif.

Tipe Membeli Mobil Bekas

Tentukan Batas Budget dan Jenis Mobil
Umumnya orang membeli mobil bekas karena keterbatasan uang atau dana yang akan dialokasikan untuk memiliki mobil. Maka dari itu, ada baiknya menentukan budget atau batas maksimal yang akan anda alokasikan untuk membeli mobil tersebut. Dan jangan lupakan untuk memastikan apakah alokasi dana tersebut hanya untuk membeli mobil, atau juga sudah termasuk untuk perawatan pertama setelah membeli mobil tersebut. Misalnya saja untuk melakukan servis ringan, peremajaan beberapa sparepart atau sekedar mengganti ban baru.

Setelah budget, maka selanjutnya adalah menyesuaikan dengan jenis mobil yang diinginkan. Ada banyak jenis mobil, tahun keluaran, model hingga hal lainnya terkait kebutuhan kita akan mobil tersebut. Misalnya saja mobil tahun lama untuk yang ingin memiliki mobil berjenis retro, mobil MPV untuk yang membutuhkan kendaraan keluarga, atau mobil sedan / hatchback bertransmisi otomatis karena akan anda gunakan untuk keperluan kerja. Dengan cara ini, anda akan lebih tertarget ketika mencari mobil yang diinginkan.

Pelajari Karakter Mobil Yang Anda Incar
Penting sekali untuk mengetahui karakter dan spesifikasi dari mobil yang akan anda beli. Hal ini untuk menambah informasi dan pengetahuan anda tentang mobil idaman anda tersebut. Jika anda memiliki 3 pilihan jenis mobil, pelajari ketiganya dengan baik. Dengan demikian, anda tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing pilihan anda. Oh iya, jangan lupakan untuk mempelajari harga jual mobil bekas yang anda incar.

Lihat Mobil Secara Langsung, Periksa Secara Seksama
Sangat disarankan untuk melihat terlebih dahulu kondisi mobil yang dijual sebelum anda memutuskan untuk membelinya. Dengan demikian anda dapat mengetahui bagaimana kondisi mobil tersebut secara langsung. Jangan lupa untuk memperhatikan detail-detail seperti perbedaan cat pada bagian mobil yang mungkin dikarenakan mobil pernah menabrak, atau chassis yang tidak lurus karena pernah terguling. Beberapa teman mengatakan, memperbaiki mesin cenderung lebih murah dibanding memperbaiki body mobil yang sudah rusak. Jadi sebisa mungkin, pilih mobil yang memiliki body yang masih cukup baik dan tidak membutuhkan perbaikan di awal.

Selanjutnya, jangan lupakan untuk memeriksa kondisi mesin dan kelistrikan mobil tersebut. Nyalakan mobil yang sedang anda lihat, lalu diamkan selama beberapa menit untuk melihat bagaimana kondisi mesin saat dinyalakan. Perhatikan hal-hal penting seperti asap yang keluar dari kenalpot, lalu apakah ada bunyi-bunyi aneh dari area mesin dan sebagainya. Jangan ragu untuk menekan gas dalam-dalam jika anda memang butuh untuk mendengar deru dari mobil itu.

Lakukan Test Drive atau Uji Coba
Kendarai mobil tersebut untuk mengetahui kondisi saat dikendarai. Pilih jalan dengan kondisi yang cukup beragam. Dengan cara ini kita dapat merasakan langsung jika ada yang salah dengan mobil tersebut. Misalkan saja kaki-kaki yang berdecit saat melalui speed bumper atau polisi tidur, stir mobil yang kurang stabil atau seperti berlari saat berjalan dengan kecepatan tinggi atau masalah lainnya.

Periksa Kelengkapan Surat Kendaraan
Jangan lupakan hal penting yang satu ini. Kelengkapan dokumen surat kendaraan seperti STNK, BPKB, faktur pembelian dan dokumen-dokumen lain seperti rincian servis rutin kendaraan juga dapat sangat mambantu anda untuk mengambil keputusan. Periksakan pula kebenaran dokumen dan kesesuaiannya dengan kendaraan. Misalkan nomor rangka, nomor mesin, dan nomor polisi dengan memeriksakannya ke pihak kepolisian atau Samsat. Beberapa kota telah memberikan sarana untuk mengecek kesesuaian nomor kendaraan melalui sms atau website.

Pulang dan Pertimbangkan Dengan Matang
Meski mobil yang anda incar sudah terlihat cocok dan ingin segera anda boyong bawa pulang, ada baiknya anda putuskan dengan kepala dingin. Pulang dan bersantai sejenak, lalu mendiskusikan dengan orang tersayang tidak ada salahnya. Dengan demikian, anda dapat mengambil keputusan terbaik dari mobil tersebut. Jika khawatir mobil incaran anda keburu dibawa orang, berikan panjer 100 atau 200 ribu untuk minta waktu berfikir barang satu atau dua hari.

Bawa Teman Atau Mekanik Mobil
Jika anda merasa ragu dengan kemampuan menilai kondisi mobil bekas, maka sebaiknya membawa teman atau mekanik berpengalaman yang sudah anda kenal baik. Dengan cara ini, anda akan memperkecil peluang dibohongi oleh penjual nakal. Jika tidak ada kenalan mekanik, jangan ragu untuk memberikan uang lebih kepada mekanik bengkel yang sudah terbukti jujur untuk menemani anda melihat mobil. Keluar uang sedikit lebih baik daripada membeli mobil berkondisi buruk.

Nah, itu dia tips membeli mobil bekas yang didasarkan tips dari teman, ahli otomotif dan beberapa pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat dan semoga anda berhasil mendapatkan mobil idaman dengan harga dan kondisi terbaik!

Related Articles

2 thoughts on “Tips Sederhana Untuk Membeli Mobil Bekas”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker