Tips & TrickTips Mengemudi

Tips Saat Memarkir Mobil di Tempat Umum

Tips Mengemudi – Saat mengemudi mobil menuju ke tempat umum dan akan memarkirkan kendaraan, kadang membuat pengemudi, khususnya yang masih baru menjadi sedikit gelisah. Khawatir tidak mendapat tempat parkir, atau memperoleh tempat parkir yang terasa sulit menjadi salah satu masalahnya. Biasanya grogi melihat tempat parkir yang terletak di antara mobil lainnya, atau tiang penyangga membuat rasa khawatir muncul berlebih. Jangan panik, coba lakukan beberapa tips berikut untuk memudahkan parkir mobil yang anda lakukan.

Tips cara parkir mobil

Buka Kedua Kaca Jendela Depan
Tidak sedikit pengemudi yang terganggu melihat sekitar jika kaca jendela dalam keadaan tertutup, meskipun sebenarnya kaca tersebut tidak terlalu gelap. Cara ini juga dapat membantu anda untuk lebih fokus dan menimbulkan sugesti jika anda dapat melihat kondisi sekitar dengan lebih baik sehingga anda akan lebih tenang. Jika anda merasa membutuhkan lebih banyak fokus, matikan suara radio atau musik yang sedang diputar. Hal ini juga membantu untuk anda dapat mendengarkan instruksi tukang parkir.

Setting Spion Dengan Baik
Saat akan melakukan parkir mobil ke tempat yang tidak terlalu luas, spion kanan dan kiri sangat berperan penting. Pastikan anda dapat melihat kondisi sisi kanan dan kiri sekitar mobil anda dan juga badan mobil anda hingga paling belakang. Dengan demikian, anda dapat memantau apakah posisi mobil terlalu dekat atau hampir menyentuh mobil lain di parkiran.

Panggil Petugas Parkir Yang Berjaga
Di beberapa pusat perbelanjaan atau mall, biasanya disediakan petugas parkir yang berjaga. Meski begitu, tidak semua bertugas untuk mengarahkan mobil yang akan melakukan parkir. Jika anda melihatnya, jangan sungkan untuk memanggil petugas tersebut dan memintanya membantu memberikan instruksi atau arahan saat memarkir mobil.

Jangan Terburu-Buru
Salah satu hal yang paling mengganggu pengemudi pemula saat memarkir mobil di keramaian adalah antrian kendaraan yang ada dibelakangnya. Adanya antrian tersebut kadang membuat kita merasa gugup dan ingin buru-buru selesai memarkir kendaraan. Padahal cara tersebut justru membuat kita semakin gugup dan membuat proses parkir menjadi makin beresiko. Lakukan dengan tenang dan perlahan saja. Biarkan mereka menunggu, toh anda tidak akan memarkir sampai berjam-jam.

Cek Keamanan Mobil Yang Diparkir
Setelah anda memarkir mobil di tempatnya, pastikan anda telah memasang rem tangan dan juga mengunci mobil anda. Jika kondisi tempat parkir tidak rata, tidak ada salahnya memasukkan transmisi untuk menjaga siapa tahu rem tangan mobil anda kurang kuat menjaga mobil diam pada tempatnya. Dan saat membuka pintu mobil, pastikan tidak terlalu lebar hingga menghantam mobil atau tembok yang ada di sebelah mobil anda.

Untuk mengetahui tentang cara parkir di berbagai kondisi, simak juga : cara parkir mobil yang benar

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker