Tips & TrickTips Otomotif

Tips Saat Akan Melakukan Modifikasi Mobil

Untuk orang yang ingin memiliki mobil dengan tampilan yang berbeda, tentu tidak akan puas dengan tampilan standar dari mobil yang dimiliki. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memodifikasi mobil tersebut. Mulai dari modifikasi ringan seperti mengganti velg standar, atau modifikasi lain yang lebih tinggi levelnya.

Namun untuk yang belum pernah melakukan modifikasi mobil sebelumnya, ada baiknya untuk mempersiapkan secara matang. Hal ini dikarenakan tanpa perhitungan yang tepat, hasil modifikasi justru bisa saja membuat anda kurang puas atau bahkan kecewa. Tak hanya itu, fungsionalitas dari mobil itu sendiri justru dapat terganggu jika anda tidak melakukan perencanaan yang baik. Oleh karena itu, berikut beberapa tips modifikasi mobil yang sebaiknya dilakukan.

Tips Modifikasi Mobil Avanza Veloz Terbaru
Ilustrasi : BosMobil.com

Tentukan Tujuan dan Konsep Modifikasi
Setiap orang memiliki tujuan dan konsep yang berbeda-beda saat melakukan modifikasi mobil kesayangan mereka. Jika anda melakukan modifikasi untuk tujuan kontes atau perlombaan, tentu anda dapat melakukannya tanpa perlu mempertimbangkan kenyamanan dan fungsionalitas kendaraan itu saat digunakan harian. Sebaliknya jika anda melakukan modifikasi untuk memperoleh penampilan yang lebih segar dan berbeda, jangan lupakan jika anda tetap membutuhkan kenyamanan dan fungsi saat menggunakan mobil itu setiap saat.

Selain itu, konsep modifikasi sebaiknya ditentukan dari awal agar arah modifikasi anda tetap jelas dan tidak keluar jalur. Beberapa konsep modifikasi yang populer adalah elegant, luxury, retro dan sebagainya. Penentuan konsep juga mempermudah anda untuk mencari referensi dan contoh dari aliran modifikasi tersebut.

Siapkan Anggaran Modifikasi Anda
Setelah anda memiliki konsep untuk modifikasi, maka lakukan perhitungan berapa biaya yang diperlukan untuk merubah mobil anda tersebut. Hal ini dapat anda lakukan dengan membuat list part, komponen atau aksesoris yang dibutuhkan untuk memenuhi konsep modifikasi mobil anda. Jangan lupakan juga untuk memasukkan perkiraan biaya pemasangan part-part tersebut. Dengan cara ini, anda dapat mengetahui secara detail berapa biaya yang dibutuhkan untuk memodifikasi mobil anda tersebut.

Jika sudah, maka anda harus menyiapkan dana setidaknya sedikit lebih banyak dari perkiraan dana yang anda sudah buat sebelumnya. Tanpa alokasi dana yang sudah dipersiapkan, mobil anda bisa saja mangkrak tak kunjung selesai karena anda harus menyicil part selama bertahun-tahun. Dan akhirnya, saat mobil anda selesai, model yang anda buat sudah tidak populer lagi atau ketinggalan.

Dalam tahap ini, anda perlu melakukan survei harga antara toko akesoris yang satu dengan lainnya. Tidak ada salahnya juga untuk membandingkan antar bengkel modifikasi untuk melihat penawaran dan hasil kerja masing-masing bengkel. Jika sudah dapat bengkel yang direkomendasikan, diskusikan dengan staff atau montir di bengkel tersebut. Biasanya mereka dapat memberikan masukan untuk melakukan substitusi part atau rekomendasi toko aksesoris dengan harga yang lebih terjangkau.

Pahami Resiko Dari Modifikasi Mobil Anda
Jika anda melakukan modifikasi mobil, tentu ada efek atau resiko yang muncul meskipun sedikit. Khususnya jika modifikasi terbilang moderate atau ekstrim. Misalkan saja mobil yang dibuat sangat ceper, tentu akan meningkatkan resiko jika menemukan jalanan berlubang dibandingkan sebelum modifikasi. Dengan demikian, anda tentu harus mempersiapkan diri merubah gaya mengemudi anda untuk menyesuaikan diri dengan penampilan baru mobil anda tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker