Tips & TrickTips Otomotif

Tips Persiapan Mobil Untuk Mudik Lebaran

Mudik lebaran mungkin sudah menjadi rutinitas tahunan sebagian besar masyarakat Indonesia yang ingin merayakan Idul Fitri di kampung halaman mereka. Maka tak heran jika mendekati hari lebaran, jalanan utama antar kota atau propinsi menjadi semakin padat bahkan hingga macet panjang. Jika anda terbiasa mudik membawa mobil sendiri, maka sudah barang tentu anda harus mempersiapkan agar mobil selalu dalam kondisi yang prima.

Persiapan mobil untuk mudik lebaran terkadang dilakukan pemilik menjelang hari keberangkatan. Akibatnya, bengkel-bengkel sudah ramai mobil lain yang juga ingin melakukan perawatan. Karena alasan tersebut, tentu akan lebih baik jika kita bisa melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelumnya. Berikut ini adalah sedikit tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mempersiapkan mobil untuk perjalanan jauh mudik lebaran.

Tips Persiapkan Mobil Mudik Lebaran

General Check-up dan Tune Up Mesin
Melakukan tune up mesin mobil di bengkel langganan mungkin bisa dijadikan langkah praktis untuk mempersiapkan mobil agar tetap prima saat melakukan perjalanan yang jauh. Tune up atau melakukan pengecekan mesin juga meliputi komponen vital mulai dari kondisi mesin, oli mesin, oli transmisi atau perseneling, minyak rem dan juga power steering, air radiator hingga yang cukup ringan seperti kondisi wiper dan air wiper. Untuk yang terakhir, tak ada salahnya mempersiapkan air yang sudah bercampur dengan pembersih kaca untuk mengatasi kaca kotor karena jalanan yang berdebu.

Saat melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, pastikan pula montir sudah melakuka pengecekan terhadap kelistrikan dan perangkat mobil lainnya. Misalkan saja semua lampu berfungsi dengan baik dan normal, mulai dari lampu sen, lampu utama, fog lamp, lampu rem hingga lampu hazard. Perangkat lain seperti AC mobil juga sebisa mungkin dipastikan dalam kondisi yang baik agar perjalan juga tetap nyaman.

Periksa Kaki-Kaki Menyeluruh
Untuk perjalanan panjang, kaki-kaki harus diperiksa dan dipastikan dalam kondisi yang sehat. Jika tidak mengeluarkan bunyi-bunyian yang mengganggu, umumnya bisa disebut jika kaki dalam kondisi yang baik. Namun untuk memastikan, ada baiknya untuk tetap meminta pengecekan bagian kaki-kaki. Jika masalah pada kaki dirasakan karena handling yang kurang baik, maka anda bisa melakukan spooring ban mobil anda.

Saat pemeriksaan kaki-kaki, maka pastikan juga anda sudah memeriksa kondisi rem mobil. Bagian ini tentu sangat penting untuk dipastikan berada dalam kondisi yang baik. Pemeriksaan rem umumnya harus dilakukan setidaknya setiap enam bulan. Namun saat akan melakukan perjalanan jauh, pemeriksaan rem menjadi salah satu persiapan yang harus dilakukan.

Kondisi ban juga harus ikut menjadi hal yang diperhatikan. Melakukan perjalanan jauh untuk mudik lebaran dengan kondisi ban yang sudah gundul atau aus tentu cukup beresiko. Jika ban dirasa sudah waktunya diganti, maka jangan ditunggu lagi. Apalagi menunggu sepulang dari mudik nanti. Cek juga kondisi tekanan angin dan pastikan dalam tekanan yang dianjurkan oleh pabrikan. Jangan lupakan pula membawa ban cadangan untuk berjaga-jaga.

Perkakas dan Kotak P3K
Untuk mobil yang akan dibawa mudik lebaran, pastikan anda tidak ketinggalan membawa perkakas dan juga kotak P3K. Keberadaan dua komponen ini tentu cukup penting, karena kita tidak pernah tahu kapan kita akan membutuhkannya saat di perjalanan nanti.

Exterior dan Interior
Jika ingin menambah kenyamanan dalam perjalanan, tak ada salahnya membersihkan bagian interior agar lebih bersih dan nyaman saat menghabiskan waktu dalam kabin mobil. Sedangka untuk exterior, bagian kaca depan tentu menjadi point utama. Jamur kaca dapat membuat pandangan pengemudi menjadi terganggu.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker