Tips Merawat Mobil Jika Sering Parkir Di Area Terbuka

Kondisi cuaca yang sering berubah-ubah membuat kita harus lebih waspada saat memarkirkan kendaraan. Apalagi jika kita lebih sering memarkirkan mobil di area terbuka yang terpapar langsung oleh suhu panas dari matahari. Apalagi jika cuaca yang mendadak hujan lalu panas menyengat. Hal tersebut akan membuat bagian eksterior sekaligus interior rentan mengalami kerusakan. Untuk itu, berikut ini beberapa kerusakan yang dapat terjadi saat mobil sering diparkirkan di area terbuka, serta tips perawatan mobil agar meminimalisir kemungkinan tersebut.

Tips merawat mobil parkir panas daerah terbuka

Untuk bagian eksterior mobil, tentu pabrikan sudah mendesain agar eksterior memiliki ketahanan terhadap hujan dan panas dengan baik. Tapi itu bukan berarti bagian eksterior tidak perlu perawatan khusus. Meski untuk mobil terkini sudah didesain untuk menerima panas yang cukup tinggi, tetap saja intensitas akan membuat cat pudar lebih cepat.

Untuk menjaga agar cat eksterior mobil lebih awet serta dapat mempertahankan kilapnya, maka ada baiknya untuk menggunakan proteksi permukaan cat secara berkala. Waktu yang disarankan sedikitnya 3 bulan sekali. Jika hal ini rutin dilakukan, maka cat akan lebih tahan terhadap panas dan hujan yang bergantian, dan juga lebih tahan terhadap kotoran dari perjalanan seperti aspal, getah pohon, serangga dan juga kotoran burung. Proteksi cat juga akan membuat lapisan clear coat (lapisan terluar pada cat) berada dalam kondisi baik. Dengan demikian, anda telah menjaga agar cat tak cepat memudar.

Untuk pemilihan perlindungan cat mobil, hindari penggunaan bahan yang menggunakan silikon sebagai kandungan dasarnya. Silikon memiliki bahan dasar oli yang membuat pelindung ini kurang tahan terhadap suhu panas yang tinggi. Efeknya tentu pada jangka panjang dapat membuat cat mobil rusak. Apalagi cat mobil terbaru yang lebih sering menggunakan bahan dasar Polyurethane (PU).

Selain itu, lakukan juga perawatan pada ban mobil agar tidak mudah getas dan pecah-pecah. Caranya tentu dengan menggunakan semir ban. Untuk perawatan maksimal, maka pilihlah semir atau bahan perawatan dengan material water base. Ini akan membuat perlindungan terhadap ban mobil lebih optimal.

Seringnya mobil diparkir di area terbuka yang terpapar panas matahari juga dapat menyebabkan kerusakan pada bagian interior. Biasanya, kerusakan akan terlihat pada jok mobil dan juga dashboard yang rentan muncul keretakan atau pecah-pecah. Terlebih jika mobil tidak dipasangin dengan kaca film mobil yang berkualitas.

Untuk antisipasi awal, jelas dengan menggunakan kaca film yang memiliki kualitas untuk meredam panas dan menolak sinar UV berlebih. Cara ini akan membuat kaca film mampu mereduksi panas yang akan langsung mengenai jok serta dashboard. Jika dirasa perlu, gunakan bantuan seperti sun-block untuk menutup kaca depan dan belakang mobil (jika mobil anda berjenis sedan). Bagian ini memang penyumbang panas tertinggi bagi kabin mobil. Saat diparkir, ingat pula untuk memberikan celah pada kaca jendela sebesar 1 ruas jari agar udara panas tidak terperangkap dalam kabin.

Langkah lain yang dapat dilakukan tentu dengan memberikan pemeliharaan pada komponen-komponen pada interior. Anda dapat menggunakan cairan pelindung dashboard dan juga lotion khusus untuk jok yang berbahan dasar kulit. Cara ini cukup efektif untuk mencegah interior mobil cepat rusak. Selain itu, perlu diperhatikan pula karet-karet pada pintu dan jendela untuk diberikan rubber treatment agar tak mudah getas.