Tips & TrickTips Otomotif

Tips Merawat Interior Mobil

Intorior mobil, atau kabin adalah tempat dimana kita akan menghabiskan waktu kita selama di perjalanan. Interior yang bersih dan terawat tentu membuat kita merasa lebih nyaman dibandingkan mobil dengan interior berdebu dan kurang terawat. Maka dari itu, enggak heran kan kalau kabin juga jadi salah satu patokan dalam menentukan kenyamanan berkendara?

Sayangnya, tidak semua pemilik mobil memperhatikan perawatan interior mobil ini. Sebagian besar hanya merawat sebatas membersihkan debu dan kotoran yang ada pada dashboard dan juga jok. Sementara bagian lain seperti plafon atau karpet kerap diabaikan. Kalaupun dibersihkan, paling hanya seadanya saja. Maka dari itu, berikut ini beberapa cara dan tips merawat interior mobil kesayangan anda. Mulai dari dashoard, jok, plafon dan juga karpet.

tips merawat interior mobil
ilustrasi : blogcdn.com

Tips Merawat dan Membersihkan Interior Mobil

Cara Membersihkan Dashboard Mobil
Dashboard mobil yang berdebu memang menimbulkan kesan kalau pemilik kendaraan adalah orang yang kurang rajin merawat kendaraannya. Makanya, kadang kita hanya membersihkan debu pada dashboard dengan menggunakan kemoceng saja. Padahal cara hanya membuat debu berpindah posisi ke tempat lain. Cara yang dianjurkan adalah dengan menggunakan campuran air dan sedikit sabun cair. Lalu basahkan lap dan peras hingga cukup kering dan gosokkan secara lembut ke seluruh permukaan dashboard. Kemudian langsung lap kembali dengan kain yang sudah dibasahi air tanpa sabun agar busa sisa sabun tidak membekas. Terakhir, lap dengan kain kering dengan tekstur yang lembut. Saat melakukan proses ini, cukup hanya ‘sekedar lewat’ saja. Tidak perlu ditekan kuat karena dapat menyebabkan dashboard anda menjadi lecet atau gores rambut.

Membersihkan Jok dan Door Trim
Saat musim hujan, jok dan trim engan bahan fabric akan lebih mudah menjadi lembab. Untuk mengeringkannya, gunakan vacum cleaner. Hindari penggunaan hair dryer untuk menjaganya tetap kering karena akan merusak kontur busa jok dan menjadikannya keras. Jangan lupa pula untuk memberikan pelumas pada bagian engsel pintu dan rel jok anda. Gunakan gemuk non-alkali supaya kabin tidak menjadi bau.

Membersihkan dan Merawat Plafon Mobil
Untuk plafon, anda harus lebih sabar dan telaten lagi. Campuran air dan sabun masih dapat digunakan, hanya jangan sampai terlalu basah karena plafon sulit untuk dikeringkan. Terlalu banyak air juga dapat membuat busa pada plafon menjadi mudah lepas dari hardboard. Langsung keringkan dengan lap bersih dan jangan gunakan vacum cleaner karena dapat menarik plafon dari lemnya sehingga membuat kontur yang bergelombang.

Membersihkan Karpet Mobil
Kebersihan karpet, apalagi pada bagian depan sangatlah penting. Di bagian depan terdapat lubang hisap untuk AC anda. Jika karpet kotor, maka kotoran akan dapat memenuhi blower dan sistem pendingin ruangan anda. Akibatnya tentu ruang kabin jadi kurang segar. Untuk membersihkan karpet, pertama gunakan dulu vacum cleaner untuk mengangkat debu dan kotoran. Setelah itu, sikat searah secara lembut dengan menggunakan air sabun. Jika sudah, langsung lap dengan lap basah untuk mengangkat sisa sabun.

Butuh kesabaran dan ketelitian untuk memperoleh interior yang nyaman dan tetap terjaga. Namun itu semua tentu sepadan dengan kenyamanan berkendara yang kita peroleh. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker