Tips & TrickTips Mengemudi

Tips Mengemudi Agar Tetap Aman Di Jalan

Tips Mengemudi Aman Di Jalan Tol

Tips Mengemudi: Saat di jalan raya, masih banyak pengemudi yang kurang memperhatikan aturan serta tata krama berlalu lintas. Perilaku yang kurang baik tersebut bahkan di kota besar semakin dimaklumi dan menjadi kebiasaan. Padahal mengemudi dengan cara yang asal-asal saja dapat membahayakan diri sendiri dan tentu saja pengguna jalan lainnya.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips yang dapat diperhatikan saat anda mengemudi agar aman di jalanan. Supaya saat mengemudi anda tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan lain, apalagi sampai menimbulkan kecelakaan.

#1 Jaga Jarak Aman
Saat berkendara, tentu kita tidak akan sendirian di jalanan. Bisa saja kita berada di jalan tol dengan kecepatan tinggi atau di dalam kota dengan lalu lintas yang padat. Apapun kondisinya, maka anda tetap harus memperhatikan jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan. Beri jarak sesuai yang memadai untuk melakukan pengereman jika saja kendaraan di depan melakukan pengereman mendadak. Jika melihat kepada aturan keselamatan berkendara, jarak minimum yang dianjurkan adalah tiga detik dari kendaraan yang ada di depan anda.

#2 Pahami Blindspots Mobil
Setiap mobil pasti memiliki sisi yang tidak terlihat dari spion maupun dari pandangan pengemudi, atau biasa disebut blindspots. Hal ini penting untuk diketahui agar anda tidak sampai dikejutkan oleh kendaraan yang ada di titik blindspots tersebut dan tiba-tiba muncul dengan mengejutkan. Selain itu, dengan mengetahui titik blindspots ini, anda akan lebih mewaspadai keberadaan kendaraan lain saat akan memotong atau berpindah jalur.

#3 Atur Posisi Spion Dengan Tepat
Posisi spion yang tepat akan membantu memperluas pandangan atas kendaraan yang ada di belakang kita atau yang akan mendahului kita. Usahakan agar spion dapat membantu anda melihat arah belakang dan ke samping kendaraan. Umumnya, posisi spion yang baik adalah dengan sudut agak keluar dan membantu melihatkan lebih banyak jalan di belakang dan sedikit bodi mobil kita.

#4 Selalu Gunakan Sinyal atau Tanda
Agar mengemudi semakin nyaman dan tidak meresahkan pengguna jalan yang lain, jangan lupa untuk selalu menggunakan sinyal yang tepat saat akan melakukan manuver. Misalkan nyalakan lampu sein untuk berbelok dan pindah jalur, atau juga memberikan klakson saat akan mendahului. Meski cukup sederhana, tapi hal ini akan membuat gerakan mengemudi anda dapat dipahami dan diantisipasi oleh pengemudi yang lain.

Baca Juga: Tips Mengemudi Saat Hujan Deras

#5 Atur Kecepatan Sesuai Posisi
Umumnya di jalan raya anda dapat melihat ketentuan kecepatan maksimal dan minimal. Misalkan di jalur kanan untuk jalur mendahului dan harus mengemudi dengan kecepatan yang cukup tinggi. Sesuaikan kecepatan mobil anda dengan jalur yang anda ambil. Jangan sampai anda melaju lambat di jalur cepat atau jalur mendahului. Hal ini tentu akan mengganggu pengemudi yang ingin mendahului dan dapat membahayakan anda sendiri.

#6 Jaga Emosi
Meski anda sudah mencoba mengemudi dengan tertib, namun belum tentu pengguna jalan lainnya akan melakukan hal yang sama. Tentu ada pengemudi yang akan memotong sembarangan atau menyalip tanpa memberikan tanda. Meski demikian, jangan sampai hilang kesabaran dan kontrol emosi anda. Jika tidak, anda bisa saja malah memanaskan suasana dan memperburuk keadaan.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker