Tips & TrickTips Otomotif

Tips Mengatasi Goresan Pada Cat Mobil

Memiliki mobil dengan kondisi cat yang mulus dan terlihat selalu bersinar adalah suatu kebanggan bagi pemilik mobil. Adanya goresan kecil yang sering muncul pada beberapa bagian mobil tentu membuat mobil menjadi kurang sedap untuk dipandang. Salah satu hal yang dapat menyebabkan munculnya goresan pada mobil adalah proses pencucian yang kurang tepat, sehingga muncul goresan halus pada cat mobil.

Jika anda merasa goresan pada cat mobil tersebut cukup mengganggu dan ingin menyingkirkannya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Untuk proses yang dapat dilakukan sendiri di rumah, adalah dengan menggunakan cairan pengkilap cat. Pengaplikasiannya juga cukup sederhana, berikut tahapan yang perlu anda lakukan.

Cara Mengatasi Cat Mobil Tergores

Pastikan mobil dalam kondisi bersih, khususnya pada sisi yang terdapat goresan dan ingin dihilangkan. Dalam hal ini, pastikan bagian tersebut bebas dari debu atau kotoran yang melekat. Akan lebih baik jika anda terlebih dahulu mencuci mobil agar bagian permukaan cat benar-benar bersih. Lalu pastikan bagian cat yang akan diperbaiki tersebut sudah benar-benar kering. Anda dapat menggunakan lap dengan bahan chamois untuk mengeringkan butiran air yang tertinggal setelah mencuci mobil.

Selanjutnya, oleskan kompon yang berfungsi untuk menghilangkan atau menyamarkan goresan pada cat mobil. Oleskan seperlunya saja, lalu ratakan dengan jari hingga meliputi semua bagian cat yang terkena goresan. Setelah itu gosok secara perlahan dan sedikit di tekan agar permukaan cat yang tergores dapat kembali rata dan menyamarkan goresan tersebut. Gunakan kain dengan bahan dasar yang lembut, atau kain yang memang khusus digunakan untuk menggosok kompon mobil. Disarankan untuk melakukan gosokan dengan cara memutar searah. Jika dalam satu tahapan langkah ini ternyata hasilnya belum optimal, maka anda dapat mengulanginya lagi dengan memberi kompon dan menggosoknya kembali.

Setelah goresan mulai terlihat samar atua benar-benar tak terlihat lagi, selanjutnya anda dapat menggosok bagian bekas terdapatnya goresan tadi dengan cairan khusus pengkilap cat. Kerjakan secara perlahan dengan menggunakan kain lap yang halus serta bersih. Setelah langkah ini selesai, maka anda akan mendapatkan cat mobil anda kembali mulus dan mengkilap kembali.

Untuk menjaga kondisi cat mobil agar selalu mulus dan mengurangi resiko munculnya goresan, salah satu caranya adalah dengan memperhatikanĀ tips merawat cat mobil.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker