Tips & TrickTips Mengemudi

Tips Mencegah Kantuk Saat Berkendara

Rasa kantuk yang datang saat anda sedang berkendara tentu menjadi satu kendala yang perlu diwaspadai. Apalagi saat sedang melakukan perjalanan jauh dan melelahkan, tentu rasa kantuk bisa datang tiba-tiba. Oleh karena itu, ada baiknya anda mewaspadai dan menyiapkan diri agar rasa kantuk ini tidak sampai mengganggu apalagi membahayakan perjalanan anda. Berikut ini beberapa tips yang dapat anda coba untuk mencegah rasa mengantuk yang datang saat anda sedang mengemudi.

Hindari Mengantuk Saat Mengemudi

Sebelum melakukan perjalanan jauh maka sempatkan untuk beristirahat terlebih dahulu. Waku 15 menit hingga 1 jam untuk sekedar memejamkan mata sudah cukup untuk membuat tubuh menjadi lebih segar. Namun selain itu, tentu pastikan anda pada malam harinya telah memperoleh tidur yang cukup pula.

Untuk perjalanan jauh yang cukup memakan waktu, maka pastikan anda mengambil jeda perjalanan untuk beristirahat setiap 2 atau 3 jam. Anda bisa melakukan pertukaran pengemudi dengan rekan anda, atau istirahat sejenak dan mengistirahatkan tubuh di tempat istirahat. Tidak ada salahnya pula sejak awal anda sudah membuat daftar tempat-tempat yang akan dilalui di mana anda dapat beristirahat.

Saat mengemudi maka pastikan perut tidak dalam kondisi kosong. Namun jangan pula terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat karena mudah membuat anda mengantuk. Lebih baik mengonsumsi makanan yang kaya serat, protein atau karbohidrat kompleks. Makanan tersebut akan membuat anda kenyang lebih lama dan tidak membuat anda cepat mengantuk.

Agar mata tidak lelah dan jenuh, jangan selalu fokus dengan pandangan ke depan. Gerakkan mata anda secara rutin, seperti contohnya adalah dengan melihat ke kaca spion. Meski demikian, anda tetap harus menjaga kewaspadaan anda dan jangan terlalu lama mengalihkan pandangan.

Mengemudi sembari mendengarkan musik sebagai hiburan tentu hal yang membantu mencegah rasa bosan. Namun cobalah untuk mendengarkan musik yang berbeda-beda, baik dari genre maupun lagunya agar tidak merasa bosan. Jika anda tidak berkendara sendiri, maka partner berbincang adalah cara yang baik untuk mencegah kantuk.

Olahraga ringan saat anda tengah mengemudi akan membantu memperlancar peredaran darah. Anda dapat melakukan gerakan memutar atau memiringkan kepala ke kiri dan kanan, gerakkan bahu memutar ke arah telinga, mengangkat pinggul atau menjinjitkan kaki. Hal ini agar tubuh tidak merasa kaku dan jenuh dengan posisi berkendara yang lama.

Terakhir, saat akan mengemudi maka pastikan anda tidak dalam pengaruh obat-obatan yang dapat menyebabkan kantuk atau berkurangnya kesadaran. Contohnya saja obat flu dan obat anti mabuk perjalanan. Mengemudi kendaraan di bawah pengaruh obat-obatan tidak hanya berbahaya bagi anda, tapi juga bagi banyak orang.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker