Tips & TrickTips Otomotif

Tips Mencegah Ban Mobil Cepat Habis / Aus Sebelah

Tips Perawatan Mobil: Ban mobil merupakan salah satu bagian paling vital. Khususnya untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Oleh karena itu, kondisi ban mobil harus selalu diperhatikan. Jangan sampai kamu berkendara dengan ban mobil yang sudah aus, habis atau bahkan rusak. Apalagi untuk perjalanan jauh dan kamu suka memacu kecepatan. Karena hal ini sangat berpotensi membahayakan kamu dan juga pengguna jalan lainnya!

Namun pemilik mobil seringkali dihadapkan dengan konisi dimana ban mobil terasa kurang awet. Ban mobil terasa cepat aus atau habis, baik hanya sebelah atau di semua sisinya. Hal ini dapat dimaklumi karena ban tidak hanya menopang beban dari mobil anda, melainkan juga menopang beban dari pengemudi dan penumpang.

Kenapa Ban Mobil Cepat Habis Sebelah

Namun ada beberapa hal yang membuat ban mobil cepat habis dibanding biasanya. Yang pertama adalah kesalahan dari pemilik mobil yang kurang memperhatikan spesifikasi ban melalui simbol yang ada di ban mobil tersebut. Umumnya, pabrikan ban sudah memberikan kode atau simbol yang mengatur batas kecepatan dari ban mobil tersebut. Misalnya saja untuk ban dengan simbol huruf M, maka hanya dapat dipacu dengan batas kecepatan maksimum 130 kilometer per jam. Jika dipacu lebih dari itu, maka ban akan dipaksa bekerja keras. Sehingga kemudian ketahanannya saat di kecepatan tinggi menjadi lebih rendah dan lebih cepat mengikis permukaan ban.

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan pengemudi dan menjadi penyebab ban mobil cepat habis sebelah adalah tidak melakukan rotasi pada ban. Saat ban mobil sudah menempuh jarak tempuh yang cukup jauh, misalkan saja 10.000 kilometer, tentu kenyamanan berkendara yang ditimbulkan ban mobil sudah mulai terasa berkurang. Bisa jadi karena ban mobil mulai habis sebelah. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan rotasi ban mobil secara berkala. Untuk melakukan rotasi sebenarnya cukup mudah. Ban depan kanan ditukar dengan ban belakang kiri. Begitu juga ban depan kiri ditukar dengan ban belakang kanan.

Perilaku dan kebiasaan dalam mengemudi juga dapat membuat ban mobil menjadi lebih cepat habis. Contohnya kebiasaan untuk melakukan akselerasi secara mendadak dan cepat, serta melakukan pengereman secara mendadak. Selain itu, sering melewati jalanan yang kurang halus atau bahkan rusak juga dapat memperpendek umur ban mobil. Apalagi jika melewati jalanan rusak dengan kecepatan tinggi. Tak hanya merusak ban, tapi juga komponen lain seperti shockbreaker.

Penyebab ban mobil cepat aus yang terakhir dan seringkali diabaikan orang adalah tekanan angin pada ban mobil. Seringnya, tekanan angin yang kurang tidak dipedulikan oleh pemilik kendaraan karena dampaknya tidak langsung terasa. Padahal saat tekanan angin pada ban mobil kurang dari standar yang ditentukan, akan membuat akselerasi menjadi lebih berat dan mobil menapak lebih banyak dari yang seharusnya. Sehingga tapak ban mobil lebih cepat habis.

Baca Juga: Kelebihan Nitrogen Untuk Ban Mobil

Itulah beberapa penyebab ban mobil cepat aus atau habis yang mungkin perlu diperhatikan agar ban mobil lebih awet. Selain itu, perlu juga memperhatikan kebersihan ban dan perawatan ban mobil, agar tidak cepat getas dan menyebabkan ban getas atau retak-retak.

Penyebab terakhir yang selalu dianggap sepele oleh banyak orang adalah tidak memperhatikan kondisi tekanan angin pada ban mobil, padahal apabila terus dibiarkan tentu saja akan merusak komponen pada ban itu sendiri dan juga mempengaruhi pada mengemudi karena bertambah berat saat melakukan akselerasi. Sebaiknya selalu periksa terlebih dulu sebelum anda gunakan dan apabila merasa kempes segera lakukan pengisian dengan angin kompresor. Agar tetap memiliki kualitas dan bisa berumur panjang ban pun juga perlu untuk dibersihkan dari kotoran lumpur yang menempel, khususnya setelah digunakan pada saat musim hujan. Baca Juga, Tips Agar Ban Mobil Tidak Cepat Rusak, Tips Membeli Ban Bekas dan Cara Mengganti Ban Mobil Yang Bocor.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker