Tips Otomotif

Tips Mempersiapkan Mobil Untuk Musim Hujan

persiapkan mobil untuk musim hujan
ilustrasi : seidnerscc.com

Saat musim penghujan tentu membutuhkan kewaspadaan lebih bagi kita saat berkendara. Namun tak hanya itu, kondisi mobil dan semua fitur, khususnya yang dibutuhkan untuk menembus hujan patut kita perhitungkan. Akan sangat berbahaya kalau saat hujan di tengah perjalanan, ternyata fitur seperti wiper atau karet-karet pintu ternyata tidak dapat bekerja secara maksimal. Untuk itu, berikut beberapa tips tentang hal yang harus diperhatikan sebelum berkendara di musim penghujan.

Perhatikan Kondisi Wiper
Karet wiper yang sudah lama dipakai dan sering terkena panas matahari dapat menjadi kaku, keras dan juga bergelombang. Kondisi ini akan membuat kerja wiper tidak sempurna, bahkan malah mengganggu pandangan saat mengemudi. Jika karet wiper sudah terasa keras atau kaku, ganti dengan karet wiper baru yang sesuai dengan mobil anda.

Cek Kinerja Air Pembasuh Kaca (water spray)
Coba cek kinerja water spray untuk membersihkan kaca depan anda. Jika air yang keluar terasa kurang deras, mampet atau bahkan tidak keluar sama sekali, maka segera dilakukan pengecekan. Cek apakah air dalam tabung dalam posisi penuh atau cukup, lalu apakah terdapat kotoran atau lumut dalam pada dasar tabung. Jika dirasa perlu, copot dan bersihkan dulu baru kemudian dipasang kembali. Pastikan pula lubang pada nosel tidak tertutup oleh kotoran. Terakhir cek sistem water spray apakah ada selang yang bocor, terlepas atau bahkan terlipat.

Perhatikan Kondisi Ban Mobil
Saat melewati jalanan yang basah atau tergenang air, ban mobil menjadi bagian yang sangat penting. Celah, motif atau kembang ban akan menjadi tumpuan agar ban tidak sampai melayang atau berjalan di atas air (aquaplanning). Pastikan kondisi ban anda masih dalam kategori baik, atau setidaknya ketebalan kembang ban masih diatas 50%. Pastikan pula tekanan angin selalu berada dalam kondisi yang pas sesuai dengan standar kendaraan.

Periksa Kebocoran dan Karet Pintu
Kebocoran pada bodi mobil, atau karet pintu yang sudah tidak rapat tentu akan membuat perjalanan saat hujan semakin terganggu. Bocor tersebut akan membuat air dapat masuk ke dalam kabin dan membasahi pengemudi atau penumpang. Cek kebocoran pada mobil anda serta kondisi karet-karet yang ada pada pintu dan jendela. Caranya anda dapat mencoba menggunakan mesin cuci mobil otomatis yang sudah banyak terdapat di perkotaan. Perhatikan saat seluruh mobil disiram dalam mesin, apakah anda melihat ada tetesan air yang masuk.

Pastikan AC dan Defogger Bekerja
Saat musim hujan tiba, AC dan defogger sangat berguna untuk mencegah timbulnya kabut atau embun pada kaca mobil yang dapat menghalangi pandangan. Segera cek untuk memastikan AC dan defogger pada mobil anda bekerja secara normal.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker