Tips & TrickTips Otomotif

Tips Mempersiapkan Mobil Memasuki Musim Hujan

Setelah musim kemarau yang panjang dan cukup gersang, di beberapa daerah rupanya sudah mulai memasuki musim penghujan. Terbukti dengan berita yang menyebutkan hujan sudah terjadi di beberapa kota dengan intensitas yang cukup tinggi. Dengan demikian, maka perlu untuk mulai mempersiapkan mobil yang biasa kita pergunakan untuk memasuki musim penghujan.

Umumnya, mobil yang dirawat secara teratur, baik dirawat sendiri atau di merawat mobil di bengkel resmi, tidak akan ada masalah berarti saat memasuki musim penghujan ini. Namun ada baiknya untuk memperhatikan beberapa bagian penting dari mobil sebelum anda menghadapi masalah karena tidak berfungsinya bagian berikut ini dengan baik.

Tips Servis Mobil di Musim Hujan

Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

Kondisi Wiper dan Karet Wiper
Pastikan wiper-link, wiper-arm dan juga karet wiper mobil anda dalam kondisi baik. Khususnya pada karet wiper, setelah terlalu sering terkena panas sinar matahari di musim kemarau, ada kemungkinan karet menjadi keras, getas dan tidak lentur hingga tidak dapat menyapu air hujan pada kaca mobil dengan baik. (Baca : Cara Merawat Wiper Mobil)

Cek Air dan Kinerja Washer
Saat hujan, washer juga cukup diperlukan. Apalagi jika hujan yang terjadi tidak terlalu deras, sehingga air tidak dapat menghanyutkan debu pada kaca saat akan kita sapu dengan wiper. Periksa dan pastikan air pada tabung washer selalu ada, dan akan lebih baik jika menggunakan cairan khusus untuk washer. Selain itu, pastikan pula washer anda tidak mampet dan menyemprot sempurna ke permukaan kaca.

Karet-Karet Pintu dan Jendela
Karet-karet pintu atau panel lain sangat penting untuk menghambat agar air hujan tidak sampai masuk ke dalam kabin. Periksa apakah ada bagian karet yang sudah getas atau bahkan terlepas dari tempatnya. Tidak ada salahnya untuk memastikan tidak ada air yang masuk ke dalam kabin. Hal ini dapat anda uji saat anda mencuci mobil.

Rem Mobil
Saat mobil berjalan dalam kondisi hujan dan permukaan yang basah, maka traksi ban juga akan menyusut. Hal ini akan membuat kerja rem menjadi sedikit lebih berat. Jadi pastikan pula rem mobil anda dalam kondisi yang baik.

Ac dan Defogger Mobil
Untuk mencegah agar kaca mobil tidak berembun saat anda berkendara saat kondisi hujan, maka peran kedua komponen ini cukup penting. Pastikan AC mobil dan defogger mobil anda dalam kondisi baik dan dapat bekerja dengan normal.

Foglamp atau Lampu Kabut
Fungsi dari foglamp sebenarnya adalah untuk menjadi sumber pencahayaan saat hujan atau jalanan yang berkabut. Sumber cahaya yang sangat kuat bukan hanya berguna untuk menerangi jalan yang akan anda lalui, tapi juga untuk memberitahukan keberadaan mobil anda kepada pengendara yang ada di depan anda.

Cek Kondisi Ban
Musim hujan berarti anda akan sering melalui jalan dengan kondisi basah dan tergenang. Untuk menghindari resiko ban yang tergelincir atau juga aqua planning, periksa ketebalan alur ban mobil masih dalam kondisi baik, dan juga tekanan angin yang pas.

Related Articles

1 thought on “Tips Mempersiapkan Mobil Memasuki Musim Hujan”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker