Berita MobilTips & TrickTips Otomotif

Tips Memilih Mobil Rental Untuk Mudik Lebaran

Tradisi mudik lebaran memang sebuah hal yang tidak sudah mengakar di kebudayaan masyarakat Indonesia. Meskipun lalu lintas yang selalu ramai dan harga tiket yang melambung, namun tak menyurutkan niat untuk berlebaran di kampung halaman.

Salah satu cara yang cukup populer dipilih masyarakat untuk mudik lebaran adalah dengan menggunakan mobil rental atau sewaan yang memang sudah cukup banyak penyedianya. Selain dirasa lebih hemat, mudik dengan menggunakan mobil pribadi sewaan dirasa lebih nyaman dibandingkan harus berdesak-desakan dan berebut angkutan umum.

Meski demikian, bukan berarti mobil yang disewa selalu dalam kondisi prima dan siap untuk digunakan menempuh perjalanan jauh. Ada baiknya untuk memperhatikan detail kondisi mobil rental yang akan dibawa mudik. Hal ini dirasa perlu untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama di perjalanan. Apalagi jika ternyata mobil memang sudah kurang baik saat akan disewa. Kita harus sudah dapat mengetahui dan mengantisipasi agar memperoleh mobil sewaan terbaik.

tips mudik pakai mobil sewaan

Hal yang perlu dilakukan saat memilih mobil sewaan untuk mudik tentu dengan melakukan pengecekan dan pemeriksaan awal dengan teliti. Langkah pertama adalah dengan melakukan pengecekan terhadap malfunction indicator lamp yang terlihat pada panel indikator pengendara. Caranya cukup mudah, putar kunci kontak ke posisi ON maka semua lampu indikator pada dashboard akan menyala. Setelah beberapa saat, jika ada lampu yang berkedip maka dipastikan ada gangguan atau masalah pada bagian tersebut.

Selanjutnya tentu memeriksa semua fungsi kelistrikan pada kendaraan. Caranya dengan menyalakan semua fungsi lampu dan alat elektronik lain seperti lampu utama jauh dan dekat, lampu hazard, lampu kabut, lampu kabin, power window, central lock, wiper, AC, radio dan perangkat hiburan. Saat melakukan pengujian, pastikan anda mengecek secara langsung lampu-lampu tersebut untuk memastikan lampu benar-benar menyala. Jangan hanya mengandalkan dari panel indikator saja.

Setelah itu, mulai melakukan pemeriksaan untuk bagian bawah kap mesin. Umumnya yang dilakukan adalah mengecek kondisi oli mesin dan juga batas level oli yang ada, melihat cairan radiator apakah dalam kondisi normal, air wiper dan juga kondisi aki mobil. Jika mobil yang anda sewa adalah mobil bertransmisi otomatis, maka cek pula kondisi oli transmisi. Periksa semua dengan teliti, termasuk soket kelistrikan yang ada di ruang mesin.

Jika anda ingin merasa nyaman dan merasa perlu, maka pastikan AC mobil juga dala kondisi yang prima. Caranya tentu dengan menghidupkan mesin dan AC mobil selama beberapa waktu untuk mengetahui apakah AC mobil cukup terasa dingin. Jika dirasa kurang, lakukan pemeriksaan untuk kemungkinan kebocoran freon atau juga kerusakan pada kipas pendingin. Untuk masalah pada kipas pendingin, biasanya terlihat pada indikator temperatur yang tidak stabil saat mesin dan AC dihidupkan.

Terakhir, mintalah untuk menguji jalan mobil tersebut untuk mengetahui kondisi kaki-kaki mobil. Umumnya, mobil yang disewakan memiliki tahun produksi yang relatif muda. Jadi seharusnya tidak ada masalah pada kaki-kaki. Namun tak ada salahnya melakukan pemeriksaan untuk menjaga hal yang tidak diinginkan dan menjaga kenyamanan serta keamanan mudik anda.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker