Mobil BekasTips & TrickTips Otomotif

Tips Memilih Mobil Diesel Bekas Pakai (Second)

Pasar mobil bekas di Indonesia memang terbilang cukup tinggi peminat. Tak terkecuali mobil bekas dengan jenis mesin diesel. Mobil dengan bahan bakar solar ini peminatnya masih terbilang tinggi mengingat mobil diesel memang terkenal hemat bahan bakar, tangguh serta mudah untuk dirawat. Jika anda ingin mencari mobil bekas dengan mesin diesel, berikut ini beberapa tips cara memilih mobil diesel bekas pakai yang dapat anda perhatikan.

Pastikan Filter Dalam Kondisi Baik
Dalam mesin diesel terdapat filter solar, filter oli dan juga filter udara. Saat anda mengecek mesin mobil diesel yang ingin anda beli, cek kondisi dan kerja dari filter-filter ini. Filter dalam kondisi baik serta bekerja dengan sempurna merupakan indikasi kalau mesin mobil tersebut dirawat, serta dapat membantu anda memperkirakan kondisi komponen mesin lainnya dalam mobil tersebut.

Cek Kondisi Oli Mesin
Saat anda mengecek mesin, cek pula kondisi oli mesin. Jika kondisi oli mesin kurang dari batas minimum, atau jauh dari titik normal, berarti mesin mobil kurang terawat. Begitu pula jika ternyata oli mesin terlalu kental. Biasanya hal ini dilakukan pemilik untuk mengelabui mesin mobil yang sudah terdengar kasar.

tips cara memilih mobil diesel bekas

Mudah Dinyalakan / Distarter
Berbeda dengan mobil dengan mesin bensin, mobil diesel tidak menggunakan busi seperti biasanya. Mesin pada mobil diesel menggunakan busi pijar untuk menghidupkan mesinnya. Oleh karena itu, cobalah untuk melihat mobil diesel bekas incaran anda itu saat pagi hari saat mesin mobil masih dingin. Kemudian minta pemilik untuk menyalakan mesin mobil itu. Jika mobil dapat dengan mudah menyala, berarti sistem busi pijar mesin mobil masih baik.

Saat mobil menyala, perhatikan juga kinerja mesin mobil diesel tersebut. Dengarkan dengan baik apakah ada suara-suara aneh yang cukup mengganggu. Lalu saat menekan pedal gas, perhatikan apakah ada yang bunyi yang mengganggu saat perpindahan dari kondisi stasioner (idle) dan saat di gas.

Cek Kompresi Mesin
Dalam mesin diesel, kompresi mesin adalah bagian yang sangat penting. Oleh karena itu, saat memerika mobil diesel bekas incaran anda, pastikan mobil memiliki kompresi yang masih baik. Cara memeriksanya adalah dengan menyalakan mesin mobil. Selanjutnya, buka tutup lobang tempat masuk oli mesin dan injak pedal gas mobil. Jika saat anda menginjak gas anda merasakan hembusan udara yang kuat dari lubang oli mesin tersebut, berarti kompresi mesin tersebut sudah menurun. Dan anda dapat mempertimbangkan ulang untuk membeli mobil diesel bekas tersebut.

Periksa Injektor Mesin
Untuk mengecek kinerja injektor mesin, maka anda dapat melihat dari asap yang keluar dari knalpot. Mesin diesel sangat wajar jika mengeluarkan asap hitam saat diajak berakselerasi. Namun asap yang keluar tidaklah terlalu pekat. Begitu juga saat dalam kondisi stasioner, asap yang keluar tidak akan terlalu hitam. Jika anda merasa asap mesin yang keluar terlalu hitam atau pekat, anda boleh saja mempertimbangkan ulang untuk memboyong mobil tersebut.

Jika anda merasa ragu dengan kemampuan dalam menilai kondisi mobil tersebut, jangan ragu mengajak orang yang mengerti mesin mobil diesel. Lebih disarankan jika anda memiliki teknisi mesin diesel yang terpercaya untuk diajak melihat mesin mobil incaran anda tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker