Tips & TrickTips Otomotif

Tips Memilih dan Membeli Mobil Jenis SUV

Membeli Mobil – Kendaran dengan jenis sport utility vehicle, atau dikenal dengan sebutan SUV belakangan semakin populer saja di kalangan konsumen. Karakternya yang sporty, interior lebih lega, posisi berkendara yang nyaman serta memiliki ground clereance tinggi membuat mobil jenis ini cocok untuk dijalanakan di segala jenis medan. Mulai dari jalanan perkotaan yang halus hingga untuk melalui jalanan berlubang atau bahkan genangan air.

Hingga saat ini, ada banyak jenis mobil SUV yang dapat dipilih calon pembeli dari berbagai pabrikan. Mulai dari yang sudah lama berpengalaman di kelas SUV, atau juga model terbaru yang hadir dengan fitur dan desain menarik. Namun sebelum anda memilih model tertentu, ada baiknya untuk membaca tips memilih mobil SUV terlebih dahulu.

tips memilih membeli mobil SUV

Pahami Ukuran, Kebutuhan dan Kemampuan
Pada umumnya, SUV memiliki kategori compact SUV, mid-size SUV dan juga full-size SUV. Mengetahui hal ini, maka anda dapat menyesuaikan mobil yang anda akan pilih dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Misalkan saja tempat parkir yang terbatas, butuh yang compact untuk melalui kemacetan dan sebagainya. Selain itu, untuk range harga compact SUV biasanya berada di kisaran harga di bawah 500 jutaan. Sedangkan untuk full-size SUV bisa mencapai miliaran rupiah.

Mesin
Ukuran yang compact ata mid-size pada SUV biasanya sudah mengusung mesin empat hingga 6 silinder. Sedangkan pada full-size SUV ada yang sudah menggunakan mesin V8. Semakin besar mesin tentu semakin bertenaga dan powerfull. Namun itu berarti semakin tinggi pula konsumsi bahan bakar dan oktan yang diperlukan. (baca : Honda HR-V, Compact SUV Terlaris Honda)

Perangkat Keamanan
Secara fisik, keamanan pada mobil SUV cenderung lebih baik daripada sedan di kelas yang sama. Namun SUV lebih memiliki kecenderungan untuk terguling jika dibandingkan dengan mobil sedan. Maka dari itu, perangkat keamanan seperti contohnya airbag pada SUV perlu diperhatikan.

Kenyamanan
Semua SUV biasanya didesain untuk kenyamanan berkendara. Namun jika akan digunakan setiap hari, maka pastikan juga anda memilih SUV yang paling cocok untuk anda kendarai dengan postur tubuh yang anda miliki. Tak hanya dari segi kenyamanan pengemudi, namun saat melakukan test-drive juga anda dapat mencoba kenyamanan melakukan manuver dengan menggunakan mobil tersebut.

Fitur-Fitur
SUV sekarang ini sudah banyak digunakan untuk kebutuhan perkotaan. Dengan demikian, ada baiknya anda memilih mobil SUV yang memiliki beberapa fitur pendukung. Diantaranya sebagai berikut :

  • Spion Elektronik Yang dapat dilipat sehingga mempermudah saat mobil diparkir di tempat yang terbatas
  • Fitur sensor parkir dengan kamera atau peringatan suara
  • Sistem Passive Entry Passive Start (PEPS) untuk memberi kenyamanan saat membuka pintu kendaraan tanpa harus menekan tombol pada remote mobil
  • Kursi belakang yang fleksibel sehingga dapat diatur untuk memperoleh ruang penyimpanan yang lebih lega.

Related Articles

1 thought on “Tips Memilih dan Membeli Mobil Jenis SUV”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker