Berita MobilTips Otomotif

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik

Asuransi mobil mungkin bukan menjadi salah satu jenis asuransi yang dianggap penting di Indonesia. Padahal, membeli asuransi untuk mobil adalah hal penting untuk antisipasi ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi di kemudian hari. Kesalahan dalam memilih asuransi akan membuat kita menanggung kerugian yang lebih buruk lagi.

Memilih asuransi untuk mobil juga tidak boleh dilakukan dengan cara asal-asalan atau sembarangan. Butuh pertimbangan akan banyak hal agar kita dapat merasa nyaman dan aman dengan keberadaan asuransi tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini beberapa tips untuk memilih asuransi mobil terbaik yang mungkin dapat anda praktekkan.

tips memilih asuransi mobil terbaik di Indonesia

Kenali Jaringan Perusahaan Asuransi
Hal pertama yang harus diperhatikan tentu mengenali dengan baik perusahaan tempat anda akan membeli asuransi untuk mobil anda. Hal yang sederhana saja, seperti bagaimana reputasi perusahaan tersebut, berapa banyak kantor dan cabang mereka di daerah anda atau bahkan di Indonesia, hingga berapa banyak bengkel yang dapat dicover oleh perusahaan asuransi tersebut. Jika anda memiliki bengkel langganan kepercayaan, tak ada salahnya mencari tahu apakah asuransi tersebut dapat mencover perbaikan di bengkel kepercayaan anda pula.

Cara ini sangat penting untuk memudahkan anda melakukan klaim dengan berbagai jenis perbaikan kendaraan. Apalagi jika anda memiliki mobilitas tinggi. Keberadaan kantor asuransi serta bengkel rekanan asuransi tersebut di kota-kota lain akan memudahkan anda saat bepergian ke luar kota. Hal tersebut juga merupakan salah satu alat untuk menilai kepedulian perusahaan asuransi dengan keluhan penggunanya.

Lihat Reputasi Bengkel Rekanan Perusahaan Asuransi
Jika memang bengkel kepercayaan anda tidak ada dalam daftar rekanan perusahaan asuransi tersebut, maka pastikan bengkel-bengkel yang disediakan memiliki reputasi yang baik. Tidak sedikit perusahaan nakal yang berusaha untuk mengurangi biaya mereka dengan menggunakan sparepart kualitas kurang baik untuk pelanggan yang melakukan klaim. Maka dari itu, pelajari kualitas bengkel yang disediakan dengan benar.

Pelajari Fasilitas dan Layanan Yang Disediakan
Beberapa perusahaan asuransi secara gamblang membuat rincian fasilitas dan layanan yang dapat mereka berikan untuk pelanggan mereka. Misalkan saja mobil derek gratis 24 jam hingga layanan servis mobil di rumah. Pelajari apakah kebutuhan anda sudah terdapat dalam fasilitas dan layanan yang ada. Jika belum, jangan ragu untuk menanyakan hal tersebut. Meski terdengar sepele, kita tidak tahu kapan kita akan membutuhkan jasa layanan-layanan tersebut.

Cari Tahu Riwayat Klaim Pengguna Asuransi
Manfaat dari asuransi mobil yang kita beli adalah saat kita membutuhkan cover dan melakukan klaim. Percuma memiliki asuransi jika proses klaim menjadi hal yang menyebalkan, sulit dan berbelit-belit. Tanyakan secara rinci cara klaim yang dapat anda lakukan. Pastikan anda memiliki kesepakatan dan kejelasan untuk dapat melakukan klaim di kemudian hari. Jangan lupa untuk mencari riwayat, atau bahkan keluhan pelanggan tentang perusahaan asuransi tersebut. Dan jangan ragu juga untuk menanyakan kebenaran tentang ‘masalah’ yang anda temukan saat melakukan riset.

Jangan Tertipu Harga Murah
Harga atau biaya yang murah untuk asuransi mobil mungkin menjadi salah satu nilai yang menarik. Namun jangan mudah tergoda dengan tawaran harga murah meskipun agen asuransi menyebutkan berbagai keunggulan. Tetap pelajari semua hal-hal yang dirasa perlu, termasuk klaim apa saja yang dapat dicover dan beberapa hal yang sudah dituliskan di atas. Selain itu, jangan malu untuk meminta dan mempelajari draft asuransi sebelum anda menyetujui dan tanda tangan di atasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker