Tips Mengemudi

Tips Membawa Hewan Peliharaan Dalam Perjalanan Jauh

tips membawa anjing dengan mobil
ilustrasi : dogster.com

Memiliki hewan peliharaan tentu sangat menyenangkan. Kita dapat mengajak mereka bercanda, bermain dan juga berjalan-jalan jika hewan tersebut seperti anjing atau kucing. Namun jika anda ingin membawa hewan peliharaan kesayangan anda seperti anjing untuk melakukan perjalanan jauh, sepertinya anda harus memperhatikan banyak hal. Berbeda dengan membawa orang yang bisa bicara dan mudah berkomunikasi, anjing atau hewan peliharaan lainnya tidak dapat mengucapkan kebutuhan dan keadaan mereka. Untuk itu, berikut beberapa tips untuk membawa anjing atau hewan peliharaan lainnya dengan menggunakan mobil.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tempat dimana hewan peliharaan kita, atau anjing kesayangan kita duduk di mobil. Jika anjing anda sudah cukup terlatih, mungkin dia bisa duduk di kursi depan menemani anda mengemudi. Namun jika belum terlatih, tempatkan ia di belakang, atau dalam kandang dengan ventilasi dan ukuran yang baik. Hindari mengemudi dengan memangku hewan kesayangan anda tersebut, karena membahayakan bagi anda, anjing anda dan juga pengguna jalan lainnya.

Jika anda berhenti untuk ke toilet umum, membeli snack di minimarket atau hal lainnya, jangan pernah meninggalkan hewan kesayangan anda sendirian dan terlalu lama dalam mobil. Suhu kabin mobil yang cepat panas dapat berbahaya bagi hewan atau anjing kesayangan anda tersebut. Jika memang waktu yang anda butuhkan untuk meninggalkan mobil tidak terlalu lama, pastikan anda sudah menyediakan ventilasi yang baik serta air minum agar anjing anda tidak sampai dehidrasi.

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan anjing atau kucing yang akan anda bawa sudah diberi makan terlebih dahulu. Kemudian ajak anjing anda tersebut untuk berjalan-jalan sejenak sebelum mulai naik mobil. Hal ini untuk memberikan kebebasan anjing tersebut bergerak. Di dalam mobil, anjing atau hewan lainnya hanya bisa duduk dan diam saja di tempatnya.

Untuk perjalanan panjang, tidak ada salahnya anda membawa persediaan makanan atau snack ringan untuk hewan peliharaan anda. Jangan sampai hewan kesayangan tersebut menjadi kelaparan karena anda lupa membawa makanan. Apalagi sampai terpaksa memberi sembarang makanan yang anda tidak tahu dampaknya untuk hewan tersebut.

Terakhir, pastikan untuk berhenti dan menepi setiap waktu tertentu untuk memberikan waktu bagi anjing kesayangan anda beristirahat, makan, berjalan-jalan dan buang air. Kita saja tidak suka bukan makan dalam mobil yang bergerak. Begitu pula dengan hewan yang anda bawa.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker