Tips & TrickTips Otomotif

Tips Cara Merawat Power Window

Power window mobil adalah salah satu komponen dan fitur yang cukup berguna dan sangat membantu. Dengan fitur ini, pengemudi dapat mengatur seluruh kaca jendela dari satu titik saja. Selain itu, power window juga mempermudah penumpang untuk mengatur kaca jendela dengan menekan tombol saja, tanpa harus memutar tuas seperti pengatur kaca konvensional.

Sebagai fitur yang memiliki sistem mekanis, power window juga dapat mengalami kendala bahkan kerusakan. Kaca yang tersendat saat naik turun, tidak mau bergerak hingga kaca menjadi lecet adalah tanda bahwa sistem power window yang anda gunakan sudah bermasalah. Jika sudah demikian, maka pergi ke bengkel khusus spesialis power window mungkin menjadi salah satu solusinya. Namun sebelum itu, ada baiknya mengenal bagian-bagian dari power window dan cara merawatnya.

tips cara merawat power window mobil

Secara konstruksi, power window tidak berbeda jauh dengan yang digunakan pada jendela konvensional atau mekanis dengan tuas / engkol. Hanya saja power window sudah menggunakan motor yang bergerak saat dialiri listrik, dan akan menggerakkan gerigi penggerak regulator dan membuat kaca jendela bergerak naik turun. Jika saat anda menekan tombol power window dan tidak mendengar ada suara motor yang bergerak, berarti kemungkinan komponen motor power window anda sudah rusak.

Selain motor, pada power window juga terdapat regulator yang terhubung dengan motor dan berfungsi sebagai frame untuk memegang kaca jendela. Dalam pemakaian yang lama, regulator biasanya akan mengalami penipisan pada bagian gerigi sehingga tidak dapat bergerak dengan baik saat dinamo melakukan putaran. Jika regulator menggunakan kabel, maka kerusakan biasa terjadi karena kabel regulator putus sehingga kaca jendela tidak dapat bergerak naik dan juga turun.

Bagian terpenting yang menjaga fungsi dari power window adalah jalur kaca atau disebut rel kaca. Biasanya, jalur kaca ini memiliki material berupa beludru atau juga karet. Meski terlihat sederhana, namun jalur rel kaca ini harus selalu dirawat dan dalam kondisi bersih. Kerusakan atau kotoran jalur ini dapat mengakibatkan power window rusak secara sistemik seperti rusaknya motor atau juga regulator.

Tips Merawat Power Window Mobil

Perawatan paling sederhana yang pertama adalah menjaga kebersihan beludru atau juga karet rel kaca mobil anda. Adanya debu pada rel akan membuat power window macet, kaca berjalan kurang mulus, tersendat bahkan dapat membuat kaca jendela menjadi tergores. Selain itu, khusus pada rel yang menggunakan karet, pastikan kondisi karet baik, lentur dan tidak getas. Karet yang getas juga dapat membuat kaca tersendat dan merusak komponen lainnya.

Jika anda merasa rel beludru atau karet anda sudah kotor, cobalah bersihkan dengan cara mengoleskan shamoo pada sekitar beludru atau karet penjepit kaca. Lalu gerakkan kaca naik turun hingga shampoo merata dengan sendirinya. Jangan menggunakan minyak, apalagi oli, untuk membuat jalan kaca menjadi lancar. Hal ini akan membuat karet cepat getas dan debu makin mudah menempel pada rel jalur kaca.

Related Articles

1 thought on “Tips Cara Merawat Power Window”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker