Tips Cara Merawat Karet Pintu Dan Kaca Mobil Agar Awet

Tips Merawat Mobil: Setiap komponen atau bagian dari mobil, baik yang besar hingga yang terkecil tentu memiliki batas usia dan masa pakai. Dan tentu saja cara kita melakukan perawatan akan ikut berpengaruh terhadap masa pakai komponen tersebut. Salah satunya adalah karet-karet pada mobil, yang berfungsi sebagai peredam bibir pintu serta menutup rapat celah pintu dan jendela agar mobil tidak mudah untuk dimasuki air saat digutur hujan.

Karet yang sudah habis masa pakainya akan terlihat dari teksturnya yang keras atau getas serta tak lagi elastis. Selain itu, saat pintu ditutup maka karet tidak akan bisa meredam benturan dengan sempurna. Sehingga akan terdengar suara benturan yang cukup keras.

Oleh karena itu, dibutuhkan sedikit perawatan khusus agar karet-karet mobil dapat lebih awet dan memiliki masa pakai yang lebih lama. Untuk cara merawat karet mobil, anda bisa memerhatikan beberapa hal berikut:

Tips merawat karet pintu mobil dan kaca

Tips Merawat Karet Pintu dan Kaca Mobil

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan memilih tempat parkir yang lebih nyaman dan terhindar dari paparan sinar terik matahari secara langsung. Panas dari cahaya matahari akan membuat karet mobil menjadi lebih cepat kering dan getas. Sehingga tentu akan memperpendek usia karet pintu dan kaca mobil anda.

Berikutnya adalah dengan lebih berhati-hati saat keluar-masuk mobil. Pastikan anda tidak terlalu sering menyentuh secara langsung karet-karet pintu mobil ini. Hal ini dikarenakan dapat membuat karet mobil tergores, terlepas dari tempatnya atau bahkan robek. Jika demikian, maka karet akan lebih mudah mengalami kerusakan yang lebih parah.

Selanjutnya, selalu sempatkan untuk membersihkan karet-karet pada pintu dan kaca mobil saat anda mencuci mobil. Biasanya proses ini dilakukan setelah anda mengeringkan mobil seusai dicuci. Caranya cukup dengan menggunakan lap yang halus atau juga kuas kecil serta sedikit air bersih. Sapukan kuas yang sudah sedikit dibasahi untuk membawa kotoran keluar dari celah-celah karet. Kemudian lap hingga bersih. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak permukaan karet.

Baca juga: Cara Mencuci Mobil Sendiri

Terakhir adalah memberikan perawatan khusus terhadap karet pintu dan kaca mobil anda. Caranya dengan mengoleskan atau menyemprotkan cairan khusus untuk merawat bahan karet pada mobil. Biasanya yang banyak dipergunakan adalah semprotan cairan silikon. Hal ini penting untuk menjaga kelembaban pada karet pintu dan kaca mobil. Khususnya saat mobil sering diparkir di bawah terik matahari.

Itulah cara merawat karet pintu dan kaca mobil agar awet. Jika karet-karet tersebut dirasa sudah tidak elastis dan mulai getas, maka tak ada salahnya untuk segera diganti. Selain menambah kenyamanan, tentu juga akan sangat membantu anda saat hujan deras ketika anda tengah di perjalanan.