Tips & TrickTips Mengemudi

Tips Cara Mengemudi Mobil Matic Agar Hemat BBM

Belakangan ini, popularitas mobil matic cenderung semakin meningkat. Faktor kepraktisan dalam mengemudi serta lebih nyaman digunakan di kondisi lalu lintas yang sering macet menjadi alasan utama mengapa orang memilih mobil matic sebagai kendaraan mereka. Meski begitu, hal yang juga sering menjadi pertimbangan banyak orang sebelum membeli mobil matic adalah konsumsi BBM yang lebih boros dibandingkan mobil manual.

Penyebab mobil dengan transmisi matic lebih boros bahan bakar adalah dikarenakan penggunaan fluida saat mentransfer tenaga yang melalui torque converter. Saat terjadi perpindahan gigi, sebagian dari torsi atau tenaga digunakan untuk meningkatkan tekanan pada fluida. Akibatnya, tenaga yang disalurkan ke bagian penggerak atau roda menjadi sedikit berkurang. Hal ini yang kemudian membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Meski disebut-sebut konsumsi BBM cukup boros, tapi anda masih bisa membuat konsumsi bahan bakarnya sedikit lebih irit. Caranya tentu dengan cara mengendarai yang lebih baik dan efektif. Berikut ini beberapa tips mengemudi mobil matic agar lebih irit BBM.

Cara Agar Mobil Matic Hemat BBM Irit Bahan Bakar

Cara Mengemudi Mobil Matic Agar Irit Bahan Bakar

Gas Secara Perlahan
Pada dasarnya, saat anda melepas pedal rem dengan posisi tuas transmisi di D maka mobil sudah dapat meluncur maju. Oleh karena itu, anda hanya perlu menekan pedal gas secara perlahan untuk menambah kecepatan saja. Tidak perlu terlalu dalam, sehingga aliran konsumsi bahan bakar juga tidak akan terlalu deras. Kecuali jika anda ingin memperoleh akselerasi yang cukup tinggi.

Perhatikan Putaran mesin (RPM)
Baik mobil manual ataupun mobil matic, tips paling efektif untuk menghemat konsumsi BBM adalah dengan memperhatikan putaran mesin. Umumnya, efektifnya konsumsi BBM dan juga tenaga yang dihasilkan adalah sekitar 2.500-3.000 rpm.

Kecepatan yang Stabil
Dengan berkendara menggunakan kecepatan yang konstan, maka anda akan menurunkan intensitas untuk memainkan pedal gas. Semakin sering kita menginjak pedal gas lebih dalam, maka semakin banyak pula konsumsi BBM yang dibutuhkan.

Jaga Jarak Aman Mobil Anda
Selain kecepatan yang konstan, jarak aman dengan kendaraan di depan anda juga perlu diperhatikan. Hal ini penting agar anda tidak perlu melakukan menginjak rem atau mengurangi kecepatan secara mendadak. Sehingga jika mobil di depan anda mengurangi kecepatan, maka anda dapat mengurangi kecepatan secara perlahan baik dengan mengurangi gas atau menggunakan engine brake. Sehingga, saat anda akan menambah kecepatan kembali maka anda tidak perlu menginjak gas terlalu dalam atau tidak perlu membuang banyak tenaga.

Saat Terjebak Kemacetan
Jika anda berkendara melewati jalur dengan tingkat kemacetan tinggi, maka disarankan untuk menggunakan transmisi di posisi 2/S. Posisi ini pada mobil manual mungkin bisa disamakan sedang berada di posisi gigi 1 atau 2. Dengan cara ini, ketika mobil maju perlahan saat macet, maka anda akan mendapatkan engine brake saat melepas gas sehingga tidak perlu menginjak rem mendadak untuk berhenti. Namun jika macet dikarenakan lampu lalu lintas atau perlintasan kereta api, maka anda dapat menempatkan transmisi pada posisi Netral (N) untuk menunggu lampu kembali hijau atau kereta sudah lewat.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker