Tips & TrickTips Otomotif

Tips Cara Mencuci Mobil Yang Baik

Mobil yang kotor karena debu atau kotoran lain tentu membuat mobil yang kita miliki jadi terlihat kurang indah. Terlebih lagi jika mobil lama tidak dipakai atau sehabis melakukan perjalanan jauh. Tentu body mobil akan terlapisi dengan debu dan kotoran.

Untuk membersihkan kotoran dan debu pada permukaan body mobil memang cukup mudah, hanya dengan mencucinya saja seperti biasa. Jika terbiasa mencuci mobil di tempat pencucian, tentu bukan masalah. Namun jika kita mencuci mobil sendiri, terkadang kita melakukan tahapan-tahapan yang salah. Kesalahan dalam mencuci mobil, bisa saja membuat cat mobil menjadi kusam, tergores atau menjadi bercak-bercak sisa sabun mobil.

Agar mobil kembali bersih dan berkilau, maka kita perlu untuk mengetahui cara mencuci mobil yang benar. Anda tidak perlu mempertanyakan bagaimana cara mencuci mobil hitam, biru atau apapun warna cat mobil anda. Tahapan-tahapan berikut ini dapat dipraktekkan untuk mencuci mobil dengan warna apapun agar hasilnya lebih maksimal.

Cara Mencuci Mobil Yang Benar dan Baik

Tips Mencuci Mobil Yang Benar

Hal yang pertama perlu diperhatikan adalah memilih waktu mencuci mobil pada pagi hari atau sore hari. Hal ini untuk menghindari panas yang menyengat saat mobil sedang dicuci. Matahari yang terlalu panas akan membuat air dan sabun pada mobil menjadi cepat kering dan meninggalkan bercak bekas. Kemudian pastikan setiap pintu dan jendela dalam keadaan tertutup rapat. Jika tidak, air akan masuk ke dalam kabin melalui celah-celah yang terbuka.

Selanjutnya, siram semua bagian permukaan mobil dengan air bersih. Sembari menyiram, usap dengan menggunakan tangan agar debu-debu dan kotoran yang menempel dapat terlepas dari permukaan cat body mobil. Tahapan ini harus dilakukan agar debu-debu dan pasir yang menempel dapat terlepas dan terbuang bersama air yang kita semprotkan. Jika tidak, debu tersebut akan membuat cat mobil lecet saat kita menggosokkan sabun yang akan digunakan.

Selanjutnya, baru bersihkan permukaan mobil dengan menggunakan sabun khusus untuk mobil. Akan lebih baik jika menggunakan sabun mobil yang memiliki kandungan wax agar cat mobil lebih bersinar dan terlindungi. Untuk menggosokkan sabun mobil tersebut, gunakan spon yang lembut dan bersih khusus untuk mencuci mobil. Cuci mobil dimulai dari bagian atap mobil.

Cuci mobil hingga benar-benar bersih dan tidak meninggalkan noda sabun. Bersihkan bagian yang sudah disabuni dengan segera dan jangan menunggu sampai keburu kering. Bahan kimia pada sabun yang mengering akan menimbulkan noda dan merusak cat mobil. Siram semua bagian mobil yang sudah disabuni hingga benar-benar bersih.

Terakhir, keringkan mobil dari sisa-sisa air yang masih tertinggal. Anda dapat menggunakan lap dengan berbagan chamois atau lap yang lembut dan dapat menyerap air dengan baik.

Untuk bagian ban mobil, anda dapat membersihkannya dengan sikat berbahan lembut serta sabun. Jangan lupa untuk mengoleskan semir ban agar ban lebih awet dan terlihat lebih mengkilap.

Related Articles

4 thoughts on “Tips Cara Mencuci Mobil Yang Baik”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker