Tips & TrickTips Otomotif

Tips Cara Memilih Membeli Aki Mobil Yang Tepat

Aki atau Accu pada mobil merupakan sebuah komponen penting yang berfungsi untuk menyimpan listrik yang akan digunakan untuk menyalakan semua komponen listrik pada mobil. Oleh karena hal tersebut, peran aki sangatlah penting. Apalagi pada mobil-mobil modern sekarang ini yang banyak memiliki komponen elektronik. Setidaknya, aki sangat penting untuk menggerakkan motor starter saat akan menghidupkan mesin mobil.

Seperti kebanyakan komponen listrik lainnya, aki juga pada akhirnya akan kehabisan masa pakai dan tidak bisa digunakan secara maksimal lagi. Dan solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah mengganti aki lama dengan aki yang baru. Saat memutuskan untuk membeli aki baru ini, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan.

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat akan membeli aki baru adalah memilih toko yang terpercaya. Seperti diketahui, selain ada di bengkel resmi, aki juga dapat kita beli di toko-toko onderdil mobil atau toko khusus aki. Toko yang baik akan memberikan rekomendasi pilihan aki terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mobil anda. Selain itu, beberapa toko yang kurang baik juga menjual aki rekondisi dengan melabeli aki tersebut sebagai barang baru.

Selain toko yang terpercaya, akan lebih baik jika toko tersebut memberikan layanan antar jemput untuk keadaan darurat saat aki kita rusak dan akan membeli yang baru. Hal ini dikarenakan kita tak pernah tahu kapan dan di mana aki kita akan rusak dan tidak bisa digunakan.

Tips Cara Memilih Aki Mobil Baru

Tips Memilih Aki Mobil Baru

Saat memilih aki baru untuk mobil anda, perhatikan beberapa tips berikut ini :

  1. Pastikan aki yang anda pilih untuk mobil anda harus sesuai tipe dan jenisnya dengan standar bawaan mobil anda. Jika ingin melakukan upgrade, pastikan voltage harus sama dan kenaikan ampere aki tidak melebihi 15% dari ampere standar mobil anda.
  2. Selanjutnya, perhatikan tanggal produksi dari aki yang akan anda beli. Khususnya untuk aki dengan jenis maintenance free atau jenis hybrid. Pastikan tanggal produksinya tidak melebihi 6 bulan saat anda akan membelinya. Idealnya, masa pakai aki dengan pemakaian normal adalah antara 1.5 tahun hingga 2 tahun. Jika saat anda membeli sudah 6 bulan dari tanggal produksi, maka usia aki anda sudah berkurang selama 6 bulan.
  3. Jika aki yang anda beli adalah jenis aki basah atau aki konvensional, maka cek kondisi cairan elektrolite yang ada. Pastikan cairan aki berada diantara garis batas minimum dan batas maksimum.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker