Mobil BekasTips & TrickTips Otomotif

Tips Beli Mobil Bekas Dengan Kilometer Rendah

Memutuskan untuk membeli mobil bekas memang memiliki kesulitan tersendiri. Salah satunya adalah untuk menemukan mobil bekas yang cocok dan sesuai dengan kriteria yang kita inginkan. Kriteria masing-masing orang pun bermacam-macam. Tak hanya terbatas pada model dan tahun mobil bekas tersebut, tapi juga ada kriteria-kriteria pribadi seperti mencari yang eks-wanita hingga eks-profesi tertentu. Salah satu kriteria yang juga cukup banyak digunakan orang adalah mobil bekas dengan catatan kilometer yang rendah.

Biasanya, mobil dengan kilometer rendah disebabkan karena mobil tersebut jarang dipakai atau memang barang koleksi. Tak jarang, mobil tersebut dikaitkan dengan profesi pemiliknya seperti pilot yang banyak menghabiskan waktu di tempat kerja sehingga mobil jarang terpakai. Tapi apakah mobil dengan kilometer rendah sudah pasti memiliki kondisi yang lebih prima dibandingkan mobil dengan kilometer yang tinggi?

Meski terdengar ‘jarang dipakai’, namun kenyataannya belum tentu mobil bekas kilometer rendah memiliki kondisi yang prima dan lebih baik dibandingkan lainnya. Masih ada beberapa hal yang harus dicermati agar anda tidak sampai membeli mobil bekas hanya karena embel-embel kilometer rendah dan jarang dipakai. Berikut ini beberapa tips untuk membantu anda memastikan kondisi mobil tersebut serta mengambil keputusan.

Tips Beli Mobil Bekas Kilometer Rendah

Hal pertama yang dijadikan patokan tentu odometer sebagai penunjuk kilometer yang sudah ditempuh. Umumnya, mobil dengan usia 3 tahunan akan memiliki jarak tempuh sekitar 100 ribu kilometer. Apabila angka yang ditunjukkan kurang dari setengahnya, bisa dibilang mobil tersebut benar jarang dipakai. Namun perlu diperhatikan, beberapa bengkel juga melayani jasa untuk ‘memutar’ ulang odometer. Maka dari itu, pastikan angka yang ditunjukkan normal, tidak ada keanehan seperti baris angka bagian tengah yang tidak rata.

Ketika melihat odometer, maka jangan lewatkan untuk melihat dan menilai kondisi dari interior mobil tersebut. Mobil yang jarang terpakai tentu memiliki interior yang masih terlihat segar dibandingkan mobil yang sering terpakai. Beberapa bagian yang dapat dijadikan acuan adalah kondisi roda kemudi atau setir yang seharusnya masih memiliki kontur kulit jeruk yang memang didesain agar kemudi tidak mudah licin.

Selanjutnya tentu jok pengemudi yang jarang dipakai tentu akan terlihat masih tebal, atau lapisan teratas tidak memiliki banyak goresan. Intip pula ke bagian pedal kemudi seperti kopling, rem dan gas. Semakin sering dipakai, cat pelapis pedal tersebut akan terkikis sehingga akan terlihat bagian besi material pedal tersebut.

Langkah yang cukup ampuh dan lebih mudah dilakukan tentu dengan melihat riwayat perawatan kendaraan pada buku catatan servis mobil tersebut. Dari buku itu akan terlihat kapan perawatan mobil tersebut dilakukan. Termasuk di dalamnya catatan tanggal dan kilometer terakhir mobil dirawat. Namun cara ini agak sulit dilakukan jika pemilik mengatakan buku sudah hilang atau tidak pernah menyerahkan pencatatan pada petugas bengkel saat perawatan.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker