Tips & TrickTips Otomotif

Tips Untuk Belajar Cara Mengganti Ban Mobil Sendiri

Jika anda sering berpergian menggunakan mobil pribadi, maka sudah seharusnya untuk mempelajari hal terkait mobil yang kita gunakan. Setidaknya, kita punya pengetahuan untuk menghadapi kondisi darurat. Contohnya adalah jika dalam perjalanan ternyata ban tiba-tiba kempes atau bocor, maka kita harus tau bagaimana cara mengganti ban mobil sendiri. Oleh karena itu, berikut ini beberapa langkah dasar tentang cara mengganti ban mobil yang benar.

Yang pertama kali dilakukan adalah memastikan mobil sudah diparkir di posisi yang aman untuk anda melakukan penggantian ban. Selain tidak terlalu dekat dengan jalanan, pastikan pula tempat anda berhenti memiliki dasar yang kuat untuk meletakkan dongkrak. Selanjutnya, jangan lupa untuk melakukan beberapa hal terkait keamanan. Seperti memasang rem tangan (rem parkir), atau memposisikan transmisi di titik P untuk mobil matic. Selanjutnya, jangan lupa meletakkan segitiga pengaman di belakang mobil serta menyalakan lampu hazard jika anda berada di tepi jalan raya.

Cara Mengganti Ban Mobil Yang Benar

Setelah itu, mulailah menyiapkan peralatan atau perlengkapan untuk mengganti ban mobil. Siapkan kunci roda, dongkrak dan juga ban serep atau ban cadangan. Letakkan barang-barang ini di tempat yang aman dan dapat mudah dijangkau. Untuk ban cadangan, letakkan di bawah mobil di dekat ban yang akan diganti. Penting, jangan meletakkan ban dalam posisi berdiri!

Selanjutnya, mulai kendorkan baut atau mur roda yang akan diganti. Ingat, anda hanya mengendorkan saja dan jangan sampai melepas baut dari tempatnya. Untuk menegendorkan, putar baut dengan arah berlawanan dari arah jarum jam. Lakukan terhadap baut secara bersilangan.

Jika semua baut roda yang akan diganti sudah dikendorkan, maka mulailah mendongkrak mobil anda. Hati-hati dalam meletakkan titik dongkrak agar tidak merusak body mobi, atau bergeser saat sedang mengangkat mobil. Pastikan dongkrak berdiri di media yang kuat, seperti aspal atau tanah keras. Jika ragu, anda dapat menambahkan papan atau balok kayu yang kuat sebagai alas.

Setelah ban terangkat dari tanah, segera lepas semua baut yang tadi sudah dikendorkan. Simpan baut di tempat yang aman dan jangan sampai menggelinding, apalagi sampai hilang. Kemudian lepas ban mobil dari tempatnya, dan langsung letakkan di posisi yang aman. Biasanya, letakkan di bagian bawah mobil agar tidak menghalangi jalan. Sekali lagi, letakkan dalam posisi tidur dan jangan berdiri.

Kemudian, ambil ban cadangan yang sudah disiapkan dan pasang ban serta pasang pula baut atau mur roda mobil anda. Kencangkan dengan dengan cara memutar sekarah putaran arah jarum jam, namun jangan terlalu kencang. Pastikan saja roda mobil sudah tidak goyang / koplak lagi ada bagian bautnya. Setelah itu, turunkan dongkrak hingga terlepas dan ban menyentuh tanah dengan sempurna. Barulah kencangkan baut roda hingga benar-benar kencang. Jika kunci roda anda memiliki ukuran kekencangan, buat supaya baut roda berada di tingkat antara 10 hingga 12 kg. Jika terlalu kencang, khawatir baut roda bisa patah. Namun jika kurang kencang, berbahaya karena ban bisa saja terlepas saat mobil tengah melaju.

Terakhir, bereskan semua perlengkapan dan letakkan kembali pada tempatnya. Setelah mobil dapat berjalan, jangan lupa untuk segera memperbaiki ban yang tadi bocor di tukang tambal ban. Jadi apabila anda terkena masalah lagi seperti ban bocor, anda sudah mempunyai ban serep yang kondisiya baik.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker