Tips & TrickTips MengemudiTips Otomotif

Tips Aman Parkir Mobil Saat Musim Hujan

Saat musim hujan, kerap kali kita mendengar adanya hujan besar yang mengakibatkan kerusakan pada banyak tempat. Mulai dari papan reklame yang jatuh atau juga pohon-pohon yang patah dan roboh. Dan dari kejadian tersebut, tak sedikit pula yang mengakibatkan beberapa mobil yang tengah parkir tertimpa hingga hancur.

Meski kita ketahui bahwa hal tersebut adalah hal yang tidak dapat diduga, namun bukan berarti kita tidak dapat meminimalisir kemungkinan yang ada. Belajar dari kejadian-kejadian tersebut, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa tips saat kita akan memarkir mobil di tengah musim penghujan, agar mobil tidak sampai tertimpa reruntuhan apabila hujan badai tiba-tiba saja datang.

Mobil Parkir Tertimpa Pohon Saat Hujan

Hindari Parkir di Bawah Pohon
Memarkir kendaraan di bawah pohon yang rindang memang cukup menarik. Terlebih jika cuaca tengah panas-panasnya. Namun jika musim hujan tiba, apalagi daerah anda sering terjadi hujan besar disertai angin kencang, ada baiknya untuk menghindari kebiasaan ini. Besar kemungkinan cabang-cabang dari pohon yang besar dan rindang akan patah dan jatuh menimpa mobil anda hingga menimbulkan bekas penyok. Lebih parah jika pohon tersebut ambruk, maka mobil sudah pasti akan ringsek tertimpa batang pohon yang besar.

Hindari Parkir Di Bawah Papan Reklame
Selain pohon, papan reklame atau billboard juga menjadi salah satu bangunan yang berbahaya saat hujan dan angin kencang datang. Tekanan yang besar dari angin serta hujan akan membuat tiang penyangga papan reklame akan bekerja lebih berat dari biasanya. Apabila tiang penahan tidak lagi kuat menahan beban tekanan tersebut, bisa saja papan reklame tersebut jatuh dan menimpa mobil yang tengah parkir di area tersebut.

Pilih Tempat Yang Lebih Tinggi
Jika anda parkir di tempat umum seperti mall atau gedung perkantoran, cobalah menghindari tempat parkir yang berada di basement atau yang lokasinya lebih rendah dari jalan raya dan permukaan di sekitarnya. Saat hujan deras, air cenderung menggenang di daerah-daerah cekungan pada jalan. Dan jika intensitas sudah sangat tinggi, maka air hujan ditambah luapan pada aliran sanitasi akan mengalir menuju daerah yang lebih rendah. Dalam hal ini, maka bukan tidak mungkin jika air akan mengalir dan membanjiri parkiran yang ada di basement-basement gedung. Hal ini terbukti pernah terjadi beberapa kali selama musim penghujan yang lalu di berbagai kota di Indonesia.

Hindari Pula Parkir Dekat Tembok Tua
Biasanya di daerah yang tidak punya tempat parkir khusus, banyak yang suka memarkir mobil mereka di tepi-tepi jalan atau bangunan. Masalahnya adalah banyak daerah pinggir jalan yang dibatasi oleh bangunan pagar dari tembok yang sudah tua dan cukup rapuh. Jika hujan deras, sering kita dengar berita ada tembok roboh yang menimpa mobil terparkir di dekatnya. Oleh karena itu, cobalah menghindari tempat parkir yang seperti ini.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker