Tips & TrickTips Otomotif

Tips Agar Mobil Irit BBM Saat Perjalanan Jauh

Memiliki mobil yang irit bahan bakar tentu hal yang diinginkan hampir semua orang. Apalagi saat harga BBM terus bergerak naik seperti sekarang ini. Karena alasan tersebut, pabrikan mobil berlomba-lomba untuk menciptakan mobil yang memiliki konsumsi BBM yang lebih baik serta efisien.

Meski demikian, prilaku dan kebiasaan dalam mengemudi juga sangat mempengaruhi konsumsi BBM mobil yang kita gunakan. Konsumsi bahan bakar mobil untuk perjalanan dalam kota dan perjalanan jarak jauh atau luar kota juga pasti berbeda. Dan untuk perjalanan jauh, berikut ini beberapa tips yang dapat anda coba agar konsumsi BBM mobil yang anda kendarai bisa lebih irit.

Tips Mobil Hemat Bahan Bakar Saat Perjalanan Jauh

Tips Agar Mobil Irit BBM

Barang Bawaan Seperlunya
Terkadang saat akan melakukan perjalanan jauh, maka kita akan menyiapkan dan membawa barang-barang yang dirasa perlu dan akan dibutuhkan nantinya. Namun tak jarang, barang-barang yang kita bawa juga menjadi terlalu banyak karena ada barang yang sebenarnya tak diperlukan ikut dibawa dengan alasan takut nantinya dibutuhkan.

Dampaknya, tentu muatan mobil menjadi lebih berat sehingga mobil harus bekerja lebih keras untuk dapat bergerak dan melaju. Hal ini tentu saja berpengaruh dengan konsumsi BBM yang berarti juga akan lebih banyak dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga yang besar. Maka dari itu, pilihlah barang bawaan anda dengan bijak. Bawa barang yang sekiranya benar-benar dibutuhkan saja.

Berkendara Dengan Halus
Tips berikutnya yang perlu diperhatikan jika ingin konsumsi BBM mobil anda lebih irit adalah dengan mengemudi secara tenang dan halus. Hal ini bukan berarti anda harus mengemudi dengan kecepatan yang rendah. Melainkan untuk lebih memperhatikan bagaimana melakukan akselerasi, menambah kecepatan atau juga melakukan pengereman dan mengehentikan kendaraan tanpa mendadak. Secara sederhana, hindari mengemudi dengan cara yang agresif dan mendadak.

Dengan cara mengemudi yang halus, maka mesin juga akan secara perlahan menyedot BBM untuk menambah tenaga mesin. Selain itu, hal ini juga akan menambah kenyamanan anda dalam melakukan perjalanan yang cukup panjang.

Penggunaan AC Berpengaruh?
Ada yang bilang jika menggunakan AC mobil akan membuat mesin bekerja lebih berat sehingga membutuhkan konsumsi BBM yang juga lebih banyak. Sebenarnya hal tersebut ada benar dan tidaknya juga. Jika dalam kecepatan rendah, tentu penggunaan AC akan membuat mesin bekerja lebih berat karena putaran mesin pada kecepatan rendah tidaklah tinggi. Hal itu harus diperberat dengan tugas untuk memutar kompresor AC mobil.

Namun jika tanpa AC, khususnya saat kecepatan cukup tinggi, kita yang secara otomatis akan membuka kaca mobil akan membuat mobil yang kita kendarai menerima dorongan angin yang masuk ke kabin dari arah depan. Hal ini akan membuat beban mobil menjadi lebih berat dari yang seharusnya. Dampaknya tentu konsumsi BBM juga akan lebih boros.

Itulah beberapa tips yand dapat diperhatikan untuk membuat mobil anda lebih irit BBM saat melakukan perjalanan jauh. Hal ini juga tentu harus memperhatikan bagaimana kondisi mesin mobil anda saat dipergunakan. Dan perhatikan pula faktor yang mempengaruhi lainnya seperti tekanan angin ban mobil yang tepat sesuai kebutuhan mobil anda.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker