Berita Mobil

Spesifikasi Mobil Proton Iriz, Masuk Indonesia Mei Nanti?

Beberapa waktu lalu Indonesia sempat heboh dengan adanya berita yang mengabarkan bahwa Proton ditunjuk untuk mengembangkan mobil nasional di Indonesia. Meski demikian kebenaran dari berita tersebut masih simpang siur. Apakah benar Proton akan mengembangkan mobil nasional Indonesia, atau hanya bentuk kerjasama pemasaran produk Proton di Indonesia.

Terlepas dari berita tersebut, PT Proton Edar Indonesia (PEI) beberapa waktu lalu secara resmi merilis berita bahwa pada kisaran bulan Mei 2015 nanti PEI akan segera menghadirkan mobil Proton Iriz di pasar Indonesia. Meski belum genap berusia setahun edar di Malaysia, mobil berukuran kompak ini kabarnya memang cukup diminati di pasaran. Dalam kelasnya mobil kompak atau small hatchback, Proton Iriz mungkin akan menjadi pilihan diantara Honda Brio, KIA Picanto, Hyundai Grand i10 atau Daihatsu Sirion terbaru.

harga proton iriz indonesia terbaru
image : paultan.org

Mobil Proton Iriz merupakan mobil hatchback 5 pintu dengan dimensi 3.920mm (panjang) x 1.722mm (lebar) x 1.554mm (tinggi). Selain mengunggulkan dimensinya yang kompak, dalam penjualannya di Malaysia mobil ini tersedia dalam 2 pilihan mesin, yaitu 1.300cc dan 1.600cc. Pilihan varian juga tersedia dalam pilihan transmisi, yaitu Proton Iriz dengan transmisi manual 5 percepatan, serta percepatan otomatis CVT.

Pihak Proton sendiri mengklaim bahwa mesin 1300cc mereka mampu menghasilkan tenaga hingga 94 dk dengan torsi 120 Nm. Sementara untuk Proton Iriz yang mengusung mesin 1600 cc disebut mampu menyemburkan tenaga hingga 107 dk dengan torsi mencapai 150 Nm.

Meski demikian, pihak PT Proton Edar Indonesia (PEI) belum menyebutkan berapa harga yang akan dibanderol untuk masing-masing tipe mobil Proton Iriz yang akan diedarkan di Indonesia. Sementara ini dikabarkan bahwa spesifikasi yang akan diedarkan di Indonesia tidak akan jauh berbeda dengan yang sudah dipasarkan di Malaysia. Namun mungkin untuk pasar Indonesia akan ada beberapa penyesuaian yang bersifat minor.

Kehadiran Proton Iriz di Indonesia tentu membuka persaingan baru untuk pasar small hatchback di Indonesia. Apalagi beberapa situs mengabarkan bahwa gosipnya mobil ini akan dibanderol lebih murah jika dibandingkan dengan negara asalnya. Dengan demikian, diperkirakan bahwa harga mobil Proton Iriz terbaru ini nantinya tidak akan berbeda jauh dengan deretan mobil LCGC yang sekarang cukup ramai di pasaran.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker