Rotasi Ban Mobil, Manfaat dan Cara Yang Benar Melakukannya

Melakukan perawatan ban mobil adalah salah satu langkah penting untuk menjaga agar mobil yang digunakan tetap aman dan nyaman untuk digunakan. Hal ini dikarenakan ban mobil menjadi tumpuan utama saat mobil melaju kencang dan melakukan pengereman.

Salah satu cara dalam merawat ban mobil yang perlu dilakukan adalah rotasi ban mobil. Rotasi ban mobil adalah melakukan penukaran posisi ban mobil untuk menyamaratakan kondisi ban mobil.

Pada umumnya, ban mobil akan memiliki tingkat keausan yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan pengaruh dari cara berkendara, jenis penggerak mobil sampai kondisi penggerak mobil, apakah mobil penggerak depan atau belakang.

Biaya rotasi ban mobil yang relatif murah, bahkan bisa dilakukan sendiri tanpa biaya, jelas bukan alasan sering lalainya pemilik kendaraan melakukan proses ini. Kebanyakan dikarenakan kurangnya informasi terkait pentingnya dan manfaat rotasi ban mobil.

Cara Rotasi Ban Mobil Yang Benar

Cara Rotasi Ban Mobil Yang Benar

Tidak ada patokan yang baik terkait kapan harus melakukan rotasi ban mobil. Namun dianjurkan secara rutin melakukan rotasi setiap 10.000 kilometer.

Saat melakukan proses rotasi, anda tidak bisa sembarangan menukar posisi ban. Ini dikarenakan untuk menjaga agar rotasi berjalan merata. Sehingga ada aturan main untuk merotasi ban.

Tingkat keausan ban mobil lebih cepat terasa pada ban mobil bagian depan. Ini terkait dengan kemudi dan proses pengereman yang dialami oleh ban mobil. Karenanya, proses rotasi harus menyilang dari ban depan sampai belakang.

Untuk lebih mudah dipahami, anda dapat melihat gambar di bawah ini tentang langkah cara rotasi ban mobil. Ada sedikit perbedaan terkait proses rotasi ban mobil pada mobil penggerak depan dan penggerak ban belakang. Namun jika dilakukan dengan cara yang sama, tidak masalah pula.

Manfaat dan Cara Rotasi Ban Mobil Yang Benar

Selain mengikuti cara rotasiban mobil sebagaimana gambar di atas, anda dapat pula mengikuti langkah yang ada pada buku manual. Memang tidak semua pabrikan mobil memberikan langkah rotasi ban pada buku manual mobil pabrikan mereka. Namun sebagian besar mobil keluaran terbaru sudah ada.

Namun jika dirasa perlu, anda dapat menyesuaikan langkah rotasi dengan melihat kondisi keausan ban mobil. Hal ini untuk menjaga agar anda dapat menjaga kondisi ban mobil seimbang pada kedua sisinya.