Berita Mobil

Renault Captur, Pesaing Baru Kelas Kompak SUV Crossover

Persaingan di kelas mobil crossover, atau juga dikenal dengan compact SUV akan semakin ramai dengan kedatangan mobil terbaru Renault Captur. Secara resmi, Renault akhirnya memasukkan mobil yang dikabarkan akan bersaing langsung di kelas yang sama dengan mobil Honda HR-V dan juga Nissan Juke. Namun uniknya, Renault tampaknya cukup percaya diri dengan mempersenjatai mobil terbaru mereka dengan mesin yang lebih rendah dibanding pesaing-pesaingnya.

Mobil terbaru Renault Captur ini mengusung mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.197 cc bertransmisi 6 speed double clutch (kopling ganda). Meski memiliki mesin yang terbilang kecil, namun berbagai inovasi teknologi yang mengungguli pesaingnya. Sebut saja direct injection dan aplikasi katup variabel plus turbo. Dengan kombinasi tersebut, mobil Renault Captur diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 120 dk pada putara 4.900 rpm dan juga torsi 190 Nm pada putaran 2.000 rpm. Dengan spesifikasi tersebut, mesin yang diusung Captur terbilang besar dan bertenaga. Sebagai perbandingan, Nissan Juke dan Honda HR-V sebagai pesaing sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.500cc namun menghasilkan tenaga di bawah Renault Captur!

harga terbaru mobil Renault Captur Indonesia

Dilihat dari beberapa hasil review, Renault Captur memang terasa lambat dalam hal akselerasi. Hal ini dikarenakan transmisi baru akan memindahkan gigi secara otomatis setelah putaran mesin menyentuh angka 2.000 rpm. Hal ini dilakukan untuk mencapai torsi terbaik yang dapat dihasilkan. Saat Eco Mode yang ada di mobil ini diaktifkan, tentu saja tenaga mesin akan terasa semakin berkurang. Akibatnya, dengan mode tersebut mobil ini akan semakin sulit jika anda ingin melakukan stop-and-go dengan respons yang cepat.

Namun kapasitas mesin yang kecil pada Renault Captur ini sepertinya sukses mencatatkan konsumsi BBM yang terbilang irit di kelasnya. Catatan terbaik angka konsumsi BBM Renault Captur disebutkan ada pada angka 14,7 km/l untuk kondisi jalan raya perkotaan. Sedangkan untuk jalur tol dan luar kota, mobil ini disebut mampu mencatat angka konsumsi BBM 18,5 kilometer untuk setiap liternya.

Harga Mobil Renault Captur Terbaru Di Indonesia

Dari segi penampilan, mobil Renault Captur ini tergolong unik. Dengan desain yang compact, mobil ini seperti menyentuh desain serupa dengan Nissan Juke. Meski begitu, secara keseluruhan desain mobil ini tampil lebih stylish. Sementara untuk permainan warna, kabarnya Renault menerima pesanan warna sesuai keinginan konsumen. Baik untuk warna eksterior two-tone atau juga untuk warna yang akan digunakan pada interior atau jok.

Meski disebut mesin yang kecil sebagai salah satu kelemahan, namun Renault mengklaim jika mobil ini mampu melakukan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 10,9 detik saja. Di Indonesia, mobil Renault Captur sendiri hanya dijual dalam 1 model varian. Untuk harga mobil Renault Captur ini adalah 380 juta rupiah di dealer resmi mereka (on the road Jakarta).

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker