Mobil RetroTips & TrickTips Otomotif

Pilihan Mesin Untuk Swap Engine Corolla DX

Soal mesin dan tenaga yang dihasilkan memang kadang menjadi pertimbangan utama saat akan membeli mobil retro seperti Corolla DX. Wajar saja, usianya yang sudah lebih dari 30 tahun memang dikhawatirkan kurang memadai kalau ingin dipacu menyaingi mobil-mobil terbaru. Walau saya sendiri beberapa kali menemui Corolla DX dengan mesin standar yang mampu mengimbangi mobil-mobil kelas menengah di jalan raya.

Namun hal ini sepertinya bisa diselesaikan dengan melakukan modifikasi, atau lebih tepatnya penggantian mesin yang digunakan. Ganti mesin, atau swap engine memang banyak dijadikan pilihan pemilik mobil jadul seperti Corolla DX untuk membuat mobil yang berusia uzur ini menjadi lebih bertenaga di jalan raya. Masalahnya, dalam memilih mesin tentu kita harus menggunakan banyak pertimbangan. Baik dari segi harga, performa dan tentu ketersediaan spare part dari mesin tersebut.

Secara pribadi, untuk penggunaan sehari-hari, pilihan pertama tentu jatuh ke keluarga mesin Toyota K Series seperti yang sudah menjadi bawaan DX. Untuk peremajaan, anda dapat memilih mesin 5K, 7K atau 7K injeksi yang digunakan pada keluarga mobil Toyota Kijang. Keuntungan dari swap engine dengan keluarga K-series yang lebih mudah adalah mobil tentu menjadi lebih bertenaga, harga relatif murah, bahan bakar yang lumayan irit dan tentu saja tinggal pasang karena tidak perlu merubah dudukan lagi. Jangan lupa pula untuk menyesuaikan gearbox agar dapat memaksimalkan performa karena gearbox bawaan Corolla DX hanya 5 percepatan termasuk gigi mundur.

Mesin 4A-GE Swap Corolla DX
Mesin Toyota 4A-GE

Kalau ingin menggunakan mesin yang lebih bertenaga dan lebih keren, maka pilihan saya akan jatuh pada mesin Toyota 4A-GE. Mesin 4A-GE memang mesin yang juga ditaruh pada keluarga Corolla, jadi tidak butuh banyak penyesuaian. Namun kabarnya untuk versi yang 20V, akan butuh kerja lebih banyak karena harus membobok firewall lagi. Mesin ini banyak digunakan oleh mobil-mobil Corolla DX yang dipakai untuk drifting, balap retro dan tidak sedikit yang menggunakannya untuk harian. Kalau memilih mesin ini, jangan lupa juga untuk mengganti gearbox dan memperkuat sasis, gardan dan rem. Ini karena sasis dari mobil Corolla DX memang tidak didesain untuk menerima tenaga yang dihasilkan mesin 4A-GE atau mesin bertenaga besar lainnya.

Untuk penggunaan sehari-hari, pilihan di atas sih seharusnya sudah cukup mumpuni. Hanya saja ada juga yang ingin pakai mesin lebih besar dan bertenaga lagi. Untuk itu, mungkin mesin Nissan SR20DET yang digunakan pada Nissan Silvia atau keluarga mesin Toyota 3S-GE atau 3S-GTE bawan keluarga Toyota Celica bisa dijadikan pilihan. Namun tentu penyesuaian pada engine bay harus lebih banyak lagi dan bakal coak dimana-mana. Biasanya yang memilih mesin ini menggunakan Corolla DX mereka untuk balapan di sirkuit.

Swap engine corolla Toyota 3S GE celica
Mesin Toyota 3S-GE

Apapun mesin yang anda pilih, sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan penggunaan mobil anda. Oh iya btw, kalau swap engine, mesin asli jangan dijual atau dibuang ya. Soalnya masih sangat dibutuhkan untuk mengurus keperluan surat-surat seperti memperpanjang STNK atau bayar pajak.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker