Tips & TrickTips Otomotif

Perlengkapan Yang Dianjurkan Untuk Selalu Ada di Mobil

Saat tengah berkendara, kita tidak pernah tahu apa yang akan sudah menunggu kita untuk terjadi. Dan untuk kenyamanan dan juga keamanan selama perjalanan, tak ada salahnya untuk mempersiapkan alat-alat untuk menghadapi semua kemungkinan. Karena itu, berikut ini beberapa peralatan atau juga perlengkapan yang dianjurkan untuk selalu dibawa saat anda melakukan perjalanan dengan mobil pribadi.

Perlengkapan Wajib Dalam Mobil

Perlengkapan / Peralatan Wajib Dalam Mobil

Ban Serep dan Perlengkapan
Mungkin perlengkapan atau peralatan yang paling penting dan langsung teringat adalah perlengkapan untuk berjaga-jaga jika ban mobil anda mengalami kebocoran atau kempes saat dalam perjalanan. Pastikan ban serep selalu berada di tempat yang sudah disediakan pada mobil anda. Dan pastikan pula ban serep tersebut dalam kondisi yang baik atau normal.

Selain itu, pastikan pula anda membawa perlengkapan untuk mengganti ban mobil. Contohnya saja dongkrak, kunci roda dan segitiga pengaman untuk mengamankan saat mobil anda diparkir di pinggir jalan.

Alat Pemadam Kebakaran atau Apar
Belakangan ini, seringkali kita membaca berita mobil yang terbakar tanpa sebab yang jelas saat sedang dikendarai. Oleh karena itu, persiapkan kemungkinan terburuk yang mungkin saja terjadi. Siapkan alat pemadam kebakaran (apar) untuk mobil yang sudah banyak dijual di toko aksesoris mobil. Selalu bawa alat tersebut dan pastikan pula kondisinya masih dalam kondisi baik.

Perlengkapan P3K
Belakangan ini keberadaan dan fungsi perlengkapan P3K dalam mobil kerap kali diabaikan. Bahkan seringkali pemilik mobil menjadikan kotak P3K sebagai tempat untuk menyimpan peralatan seperti kunci pas, obeng dan lainnya. Padahal perlengkapan P3K sangat dibutuhkan untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan di perjalanan, seperti luka karena kecelakaan dan obat-obatan ringan.

Senter
Jika melakukan perjalanan malam hari, maka mungkin anda akan membutuhkan senter. Alat ini tentu akan sangat dibutuhkan jika anda akan memperbaiki kendaraan atau mengganti ban saat di daerah yang gelap dan tanpa penerangan. Namun begitu, terkadang memang fungsi senter saat ini sudah dapat digantikan oleh ponsel yang memiliki LED.

Lap Microfiber atau Chamois
Untuk anda yang sangat memperdulikan kebersihan mobil, tidak ada salahnya menyiapkan lap microfiber atau chamois di mobil anda. Lap ini tentu akan sangat berguna saat anda menumpahkan minuman atau makanan di dalam kabin mobil. Lap-lap ini juga akan berguna untuk membersihkan kotoran pada dashboard, jok mobil atau mungkin pada eksterior yang cukup mengganggu.

Cadangan Air Radiator
Sistem pendinginan mesin mobil memang menjadi hal yang sangat vital. Dan karena kita tidak pernah tau masalah apa yang akan muncul, maka persiapkan pula cadangan air radiator dalam bagasi mobil anda. Anda dapat menyimpan radiator cooler atau juga air putih biasa yang dapat dipergunakan sewaktu-waktu saat dibutuhkan.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker