Tips & TrickTips Otomotif

Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Direm

Saat kita mengemudi, getaran dan bunyi dari mobil yang kita kendarai memang dapat menjadi petunjuk bahwa ada sesuatu yang salah dengan mobil tersebut. Contohnya adalah dengan merasakan keanehan dari roda kemudi atau steering wheel. Biasanya, setur kemudi ini dapat dijadikan indikator saat mobil mengalami masalah khususnya di bagian kaki-kaki dan juga sistem pengereman.

Banyak pemiliki mobil yang mengeluhkan mengapa setir mobil terasa bergetar saat melakukan pengereman. Apalagi saat mobil direm ketika sedang dalam kecepatan tinggi. Getaran yang terasa di setir kemudi juga semakin kuat. Padahal menurut mereka, mobil dalam kondisi yang sehat dan kaki-kaki baru saja melewati proses spooring dan balancing.

Penyebab Setir Mobil Bergetar saat direm

Masalahnya, getaran yang muncul pada setir kemudi saat mobil meluncur dalam kecepatan tinggi memang kebanyakan disebabkan ada pada kaki-kaki. Tetapi jika getaran pada setir terasa saat rem diinjak atau melakukan pengereman, biasanya masalah lebih disebabkan pada sistem pengereman yang tidak bekerja dengan baik. Khususnya pada bagian cakram mobil yang dalam kondisi buruk.

Getaran di setir saat melakukan pengereman bisa jadi dikarenakan cakram yang sudah tidak rata, pinggiran yang mulai tergerus, cakram mulai bergelombang atau bengkok atau bahkan pemasangan yang tidak lurus dan seimbang. Cakram memang didesain dengan bahan yang kuat, tahan panas dan juga tahan benturan. Namun hal ini tidak berarti kalau cakram tidak dapat mengalami cacat atau kerusakan. Gerusan debu atau pasir secara terus menerus, benturan yang keras serta penggunaan kampas rem yang ternyata menipis juga bisa saja merusak permukaan piringan cakram.

Jika penyakitnya dikarenakan cakram yang sudah mulai tergerus, rusak atau bergelombang, maka mengganti dengan yang baru lebih dianjurkan. Namun begitu, ada pula yang mengakali masalah ini dengan cara membubut komponen tersebut dan mengembalikan ke bentuk semula. Cara ini memang lebih murah, namun kurang dianjurkan karena kualitas komponen yang dihasilkan tentu tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Sedangkan untuk anda yang baru melakukan servis rem atau bahkan mengganti piringan cakram baru kemudian merasakan getaran semacam ini, hal tersebut patut untuk diwaspadai adanya pemasangan cakram yang tidak pas atau sempurna. Sebaiknya, kembali ke bengkel langganan anda untuk memasang ulang cakram anda agar lebih presisi. Jangan lupa untuk menguji ulang sistem pengereman anda untuk memastikan apakah getaran tersebut sudah benar-benar hilang.

Setelah memeriksa kondisi rem anda, ada baiknya anda juga memeriksakan kondisi bearing (laher) dari roda depan mobil anda. Kerusakan pada bagian ini tidak hanya menyebabkan setir bergetar saat mengerem, tapi juga saat anda melaju pada kecepatan tinggi. Jika bearing sudah dalam kondisi kurang baik, maka segera untuk menggantinya dengan komponen yang masih baru dan dalam kondisi baik.

Related Articles

4 thoughts on “Penyebab Setir Mobil Bergetar Saat Direm”

  1. Salah hormat,
    Saya Dedi,memiliki mobil grandlivina metik,pada tgl 5 Agustus 2016 kemarin,saya mudk ke Cirebon.bsok paginya saya cek oli mesinnya,tinggal di batas minimum,saya inisiatif menambahkan olinya,akhirnya saya tambahkan dengan oli motor Shell 2t.bsoknya saya kembali ke Tangerang,pada saat di jalan tol,kecepatan 70 km/jam,posisi perseneling di D.ketika hendak saya tambah kecepatan dengan menginjak gas dalam2,mobil serasa loncat2,tapi anehnya ketika saya gunakan OD(Over Drive),mobil normal,dan kemudian saya coba lagi perseneling 2,itupun normal.mohon penjelasannya,kenapa yah ?atau karena saya tambahkan oli motor 2t ?atau ada masalah yg lainnya

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker