Tips & TrickTips Otomotif

Penyebab Mobil Injeksi Boros Dan Tidak Bertenaga

Penyebab Mobil Injeksi Boros Dan Tidak BertenagaPenyebab Mobil Boros – Mobil modern umumnya sudah menggunakan teknologi terkini, misalnya sistem injeksi bahan bakar, yang mendukung efisiensi bahan bakar. Sehingga saat awal diproduksi dan dipergunakan, mobil cenderung memiliki konsumsi bahan bakar yang terbilang irit.

Namun setelah bertahun-tahun digunakan, pengguna kerap merasakan kalau mobil yang sudah lama digunakan menjadi lebih boros bahan bakar. Kondisi ini juga biasanya juga disertai dengan gejala tenaga mesin seperti berkurang.

Hal ini sebenarnya terbilang normal dan bisa dialami, khususnya jika pemilik kendaraan jarang merawat mobil. Dan berikut ini beberapa faktor yang membuat mobil lebih boros bahan bakar dan tidak bertenaga.

Penyebab Mobil Boros Bensin dan Tidak Bertenaga

Filter Udara Yang Kotor
Kondisi filter udara yang kotor akan menyebabkan hambatan aliran udara pada sistem pembakaran. Efeknya pembakaran jadi kurang maksimal. Gejala umum yang terasa adalah munculnya nggelitik (knocking) pada mesin.

Kerak Sisa Pembakaran di Ruang Mesin
Kerak pada ruang mesin bisa dibilang cukup sulit untuk dihindari. Jika kondisinya sudah semakin parah, kerak mesin akan menumpuk dan menyebabkan ruang bakar mesin menjadi lebih sempit dari kondisi optimalnya. Efeknya, pembakaran akan menghasilkan tenaga mesin yang berada di bawah kondisi normalnya.

Lubang Nozzle Injektor Tersumbat
Penyebab mobil injeksi menjadi boros bahan bakar dapat disebabkan oleh lubang nozzle injektor yang tersumbat. Lubang nozzle injektor pada mobil memang didesain sangat kecil sehingga rentan tersumbat, misalnya karena kotoran pada bahan bakar. Jika tersumbat, maka suplai bahan bakar akan terganggu dan efisiensi bensin menjadi berkurang.

Piston dan Ring Piston Sudah Aus
Piston dan ring piston yang terus bekerja keras, bukan tidak mungkin akan menyebabkan komponen tersebut menjadi terkikis. Efeknya kompresi kendaraan menjadi berkurang. Kompresi mesin menurun ini yang kemudian membuat performa dan tenaga mesin menurun. Kompresi mesin yang rendah juga akan membuat tarikan mesin menjadi sangat lambat, tenaga mesin loyo serta bahan bakar menjadi lebih boros.

Itulah beberapa penyebab mobil menjadi boros BBM. Makanya selalu rawat mesin mobil secara teratur dan gunakan bahan bakar yang terbukti bersih dan dengan oktan yang sesuai kompresi mesin. Dengan demikian, maka mesin dapat bekerja secara optimal dan tetap hemat bahan bakar.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker