Tips & TrickTips Otomotif

Pentingnya Menjaga Kondisi Ban Serep Mobil

Ban serep, atau ban cadangan adalah salah satu komponen penting yang harus selalu ada dalam mobil anda. Hal ini dikarenakan kita tidak pernah tahu kapan ban tersebut akan dibutuhkan. Oleh karena itu, kondisi ban serep juga harus terus diperhatikan. Sehingga saat kita membutuhkan, ban ada dalam kondisi yang baik dan siap untuk digunakan. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi ban serep mobil anda.

Periksa Kondisi Fisik Ban
Meski letak ban serep biasanya tersembunyi, namun jangan pernah melupakan untuk memeriksa kondisi ban secara berkala. Lihat kondisi ban apakah ada retakan pada dinding dan juga telapak ban, atau juga kerusakan pada bagian-bagian ban seperti pentil ban. Jika tempat ban serep mobil digantung pada bagian bawah mobil, pastikan pula kondisinya aman dan ikatan atau plat pemegang ban serep tersebut kuat dan terkunci.

Tips Merawat Ban Serep Mobil

Cek Kondisi Tekanan Angin Ban
Karena tidak digunakan dan dalam posisi tersembunyi, kita cenderung lupa memperhatikan kondisi angin ban serep ini. Padahal, angin dalam dapat saja berkurang karena keluar dari pori-pori ban meski tidak digunakan. Oleh karena itu, saat mengisi angin ban yang digunakan, sempatkan pula untuk mengecek dan mengisi angin ban serep anda. Jika perlu, lebihkan tekanan angin sedikit dari standar yang digunakan pada mobil anda.

Usia Pakai Ban
Semua jenis ban tentu memiliki batasan aman untuk pemakaian. Termasuk juga ban serep atau ban mobil yang jarang digunakan. Umumnya, usia pakai ban mobil adalah sekitar 3 tahunan. Untuk mengetahui usia ban mobil anda, dapat dilihat dari kode angka yang ada di dinding ban itu sendiri. Misalkan pada ban tersebut terdapat kode 1203, berarti ban tersebut adalah hasil produksi minggu ke 12 tahun 2003. Atau sekitar akhir maret 2003. Jadi masa pakai ban tersebut sampai dengan sekitar tahun 2006.

Beri Semir Ban / Pelembab
Karena jarang digunakan, biasanya ban serep juga jadi jarang dicuci atau dibersihkan. Padahal jika tidak terawat demikian, ban jadi gampang hilang elastisitasnya dan menjadi pecah-pecah. Oleh karena itu, cucilah ban serep mobil anda secara berkala dan beri semir ban sebagai pelembab. Dengan cara ini, ban serep akan lebih awet.

Sesuaikan Ukuran Ban Serep
Banyak orang yang mengganti ukuran velg dan ban untuk mencari tampilan mobil yang lebih menarik. Namun demikian, mereka tidak ikut merubah ukuran ban serep yang digunakan. Sebisa mungkin, ban serep memiliki ukuran yang dapat mengimbangi ban yang digunakan. Hal ini bertujuan agar mobil tidak mengalami selip saat menggunakan ban serep serta untuk mengurangi resiko kerusakan pada gigi diferensial. Jika memang ban serep ternyata ukurannya sangat berbeda dengan ban yang digunakan, maka saat menggunakan ban serep jangan memaksakan kecepatan tinggi. Segera perbaiki ban yang rusak dan pasang kembali agar penggunaan ban serep tidak terlalu membebani mobil terlalu lama.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker