Tips & TrickTips Otomotif

Pentingnya Mengecek Tekanan Angin Ban Mobil

Sebagian dari pemilik mobil kerap kurang perduli dengan detail yang ada pada mobil mereka. Salah satunya adalah menganggap remeh dan kurang memperhatikan tekanan angin pada ban. Sejatinya, tekanan angin ban mobil akan terus berkurang meski tidak signifikan. Kondisi dimana tekanan angin menurun di bawah batas ideal ini akan mengurangi kenyamanan dan juga meningkatkan konsumsi bahan bakar. Tak hanya itu, ban mobil dengan angin yang tidak sesuai juga tentu akan membahayakan saat dikendarai.

Pentingnya Cek Tekanan Angin Ban MObil

Selain efek serta bahaya yang mungkin terjadi, tekanan angin yang kurang pas juga akan membuat usia pakai ban menjadi lebih pendek. Oleh karena itu, tekanan angin pada ban mobil harus dicek setidaknya satu kali setiap bulannya. Hal ini dikarenakan kondisi ban masuk ke dalam kategori safety dalam berkendara. Dalam perjalanan jauh dan kecepatan tinggi, tekanan angin yang tidak sesuai bisa saja menyebabkan ban mobil pecah secara tiba-tiba.

Umumnya, kecelakaan yang diakibatkan ban pecah saat kecepatan tinggi juga dialami karena ban yang kempis sementara muatan mobil terbilang banyak. Bahkan untuk beberapa kasus, muatan mobil juga melebihi kapasitas mobil itu sendiri. Efeknya, ban yang kempis akan membuat dinding ban menerima tekanan lebih dari yang sudah didesain untuk diterima.

Cara Mengecek Tekanan Angin Ban Mobil

Untuk melakukan pemeriksaan atau pengecekan kondisi tekanan angin ban mobil, anda dapat membawa ke tukang tambal ban mobil atau lebih baik lagi ke toko ban mobil yang sudah pasti memiliki standar untuk memeriksa. Jika dirasa kurang atau terlalu kuat, maka montir atau petugas akan langsung menyesuaikan dengan mengeluarkan angin ban atau menambahkannya agar sesuai standar.

Jika ingin melakukan pemeriksaan sendiri, sekarang sudah banyak dijual bebas alat untuk mengukur tekanan angin dalam ban mobil. Anda bisa mendapatkannya di toko otomotif atau toko perlengkapan di mall besar. Selain itu, tak ada salahnya untuk melengkapi mobil anda dengan kompresor mini untuk mengisi angin ban.

Perlu diperhatikan, setiap mobil memiliki standar tekanan angin ban yang dibutuhkan. Biasanya ketentuan ini bisa diketahui dari stiker yang tertempel pada stiker dekat dengan tuas gas atau tempat lainnya. Selain itu, sesuaikan tekanan standar mobil tersebut dengan batas tekanan yang dapat diterima oleh ban mobil anda. Hal ini akan tertulis pada spesifikasi ban mobil anda secara detail.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker