Tips MengemudiTips Otomotif

Mobil Mogok Karena Banjir? Ini Tips Mengatasinya!

Musim hujan memang benar-benar tidak bisa ditebak. Curah hujan yang tinggi, khususnya di beberapa kota besar, menyebabkan jalanan rentan tergenang air yang cukup tinggi atau bisa juga banjir. Masalahnya, saat kita mengendarai mobil, sering kali kita merasa bahwa genangan yang di hadapan kita itu masih bisa dilalui. Akibatnya tak jarang mobil menjadi terendam melewati batas aman dan akhirnya mogok di tengah genangan.

Jika kita mengalami hal tersebut, munculnya rasa panik mungkin sudah biasa. Padahal untuk mengatasi mobil yang mogok karena banjir yang pertama adalah jangan panik. Selanjutnya, mungkin kita bisa langkah-langkah untuk mencoba menghidupkan mobil yang mogok tersebut.

mengatasi mobil mogok karena banjir
ilustrasi : viva.co.id

Hal pertama yang dapat anda lakukan jika mobil tiba-tiba mati saat anda berusaha menerjang banjir, cobalah untuk menyalakan kembali. Starter beberapa kali, namun jangan memaksa hingga berlebihan. Jika mobil tidak mau menyala kembali, maka dorong mobil keluar dari genangan air menuju ke tempat yang kering. Jangan ragu untuk meminta bantuan dengan orang-orang yang ada di sekitar anda untuk hal ini.

Jika sudah berada di tempat yang kering, segera buka kap mesin dan keringkan bagian-bagian mesin. Khususnya yang terkait dengan kelistrikan. Gunakan lap kering, kertas koran atau bahkan tisu untuk bagian-bagian kecil yang harus selalu kering. Pastikan part seperti busi, kabel busi, koil dan distributor sudah benar-benar kering.

Jika sudah benar-benar kering, coba kembali untuk menyalakan mobil. Sama seperti tadi, jika 4 atau 5 kali starter tidak mau menyala maka jangan dipaksakan. Segera cabut kabel busi dan lihat ke bagian busi dan kabel busi tersebut apakah juga kemasukan air. Jika melihat air di bagian tersebut, buka juga bagian distributor dan bersihkan kembali semua bagian hingga benar-benar kering.

Coba untuk menyalakan kembali mesin mobil anda. Jika mesin sudah berhasil dinyalakan, segera cek fungsi dan fitur dari kendaraan anda. Terutama fitur penting seperti sistem pengereman dan kelistrikan. Rem yang terendam air cenderung mengalami kerusakan pada beberapa komponennya. Jadi sebelum melanjutkan perjalanan, maka ada baiknya untuk memastikan rem dapat digunakan.

Meski anda dapat menghidupkan kembali mobil anda, jangan tunda untuk segera ke bengkel langganan. Hal ini untuk melakukan pengecekan secara keseluruhan setelah mobil terendam banjir. Khawatirnya ada part mobil yang rusak namun belum terdeteksi oleh anda. Minta montir untuk lebih teliti di bagian kelistrikan dan pengereman.

Menerjang banjir bukanlah pilihan yang baik. Namun jika terpaksa, ada baiknya kita untuk memahami bagaimana cara berkendara melalui genangan air atau banjir dengan aman serta mengatasi masalah jika mobil mogok karena melewati genangan air tersebut.

Related Articles

1 thought on “Mobil Mogok Karena Banjir? Ini Tips Mengatasinya!”

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker