Mesin Mobil Mendadak Mati Di Jalan, Kenali Kemungkinan Penyebabnya

Mengalami mesin mati mendadak saat mobil sedang digunakan tentulah hal yang cukup ditakutkan saat sedang berkendara, khususnya saat sedang diperjalanan luar kota. Jika kondisinya mobil tidak mau dinyalakan / distarter, tentu tidak terlalu menjadi masalah. Namun jika mati mendadak saat sedang digunakan, maka mobil bisa saja sedang di tengah jalan atau bahkan di tengah kemacetan.

Berdasarkan beberapa catatan dan kasus yang sering ditemui, berikut ini adalah beberapa penyebab mesin mobil mati mendadak.

Penyebab Mesin Mobil Mati Mendadak di Jalan

#1 Mesin Mobil Mati Mendadak Karena Alternator Rusak
Alternator adalah komponen mobil yang memiliki fungsi untuk menyuplai arus listrik ke dalam aki. Rusaknya alternator akan membuat suplai arus listrik terhenti sehingga aki mobil tidak terisi.

Rusaknya alternator adalah hal yang normal dialami komponen mesin lainnya. Idealnya, alternator akan mengalami penurunan kinerja seiring dengan pemakaian mobil. Namun dengan penggunaan beban listrik yang besar, seperti modifikasi lampu-lampu dan audio, usia pakai alternator bisa saja menjadi lebih pendek.

#2 Mesin Mobil Mati Mendadak Karena Overheat
Overheat adalah masalah yang cukup sering ditemukan saat mobil mendadak mati di tengah perjalanan, khususnya di tengah kemacetan panjang. Penyebab mesin mobil mengalami overheat biasanya dikarenakan pemilik lalai untuk mengecek kondisi air radiator. Selain itu, overheat pada mesin mobil juga bisa terjadi karena penggunaan bahan bakar dengan oktan yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin.

Cara mengatasi mesin mobil mati mendadak yang disebabkan oleh overheat sebenarnya relatif mudah. Anda hanya perlu meminggirkan mobil ke area yang aman. Jangan lupa untuk memasang penanda (misalkan segitiga pengaman) di belakang tempat anda menepi. Selanjutnya, tunggu suhu mesin turun baru kemudian melakukan pengecekan terhadap radiator. Penting diingat untuk jangan pernah membuka tutup radiator saat mesin sedang panas.

#3 Mesin Mobil Mati Mendadak Karena Putus Sekering
Saat ada komponen mobil yang tidak berfungsi dengan baik, maka sekering akan menjalankan fungsinya dan memutus arus listrik ke komponen tersebut. Jika komponen yang rusak tidak mempengaruhi kinerja mesin, mungkin mobil masih bisa dinyalakan. Namun dalam beberapa kasus, ada pula mobil yang akan langsung memutus arus listrik saat terjadi permasalah pada kelistrikan sehingga mobil mengalami mati mendadak.