Mengapa Mobil Terasa Bergetar Saat Direm

Setiap pemilik mobil pasti mengharapkan memiliki dan mengemudi mobil dengan kondisi yang prima dan tanpa kendala berarti. Apalagi saat melakukan perjalanan jauh yang seringkali ditempuh dengan kecepatan cukup tinggi. Semua komponen kendaraan harus dalam kondisi baik.

Salah satu masalah yang sulit dideteksi ketika mengecek kondisi mobil adalah komponen pengereman mobil. Saat kecepatan tinggi, bisa saja pengemudi merasakan mobil atau kemudi bergetar saat menginjak rem. Kondisi ini juga bisa digambarkan dengan rem yang berayun atau berdenyut, sehingga menimbulkan rasa was-was.

Masalah Mobil bergetar saat direm

Penyebab Kemudi Mobil Bergetar saat Mengerem

Masalah mobil terasa bergetar saat rem diinjak biasanya terasa pada kecepatan di atas 60 km/jam. Sehingga memang agak sulit dideteksi ketika mobil di servis atau dilakukan pengujian oleh montir yang kebanyakan memang tidak menguji dalam kecepatan tinggi.

Getaran yang terasa saat melakukan pengereman kemungkinan besar terjadi karena adanya bagian yang melengkung atau tidak rata pada bagian cakram mobil. Lengkungan atau gelombang pada cakram ini yang kemudian berputar cepat saat dijepit rem, sehingga rem terasa mengayun dan bergetar karena menjepit cakram dengan ketebalan yang tidak konstan. Hal ini dianggap cukup wajar, mengingat cakram adalah komponen yang terus-terusan diapit kuat oleh komponen pengereman. Sehingga besar kemungkinan cakram tidak terkikir secara merata dan menyebabkan tipis di sebagian posisi saja.

Selain dikarenakan cakram yang kurang rata atau bergelombang, bisa pula dikarenakan cakram sudah terlalu kotor atau dipenuhi karat. Namun untuk kasus ini, seharusnya tidak menyebabkan getaran yang signifikan saat mobil direm.

Cara Mengatasi Mobil Bergetar Saat Direm

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebenarnya caranya cukup sederhana. Yang anda perlu lakukan hanyalah membawa mobil tersebut ke bengkel dan meminta untuk di bubut dan dihaluskan kembali. Biasanya, cakram akan dibubut antara 1 hingga 3 mm. Tergantung jenis cakram dan mobil anda. Proses ini bisa dilakukan antara 2 sampai 3 kali. Jika lebih dari itu, sangat disarankan agar anda mengganti dengan komponen baru saja.

Perlu diperhatikan bahwa masalah dan solusi di atas adalah asumsi yang muncul saat dirasakan di kecepatan tinggi, di atas 60 km/jam. Jika mobil terasa bergetar di kecepatan rendah, mungkin permasalahan ada di kaki-kaki. Namun jika mobil bergetar saat kecepatan tinggi padahal tidak di rem, lakukan pengecekan di as gardan jika mobil anda penggerak roda belakang (RWD).