Mengapa Mesin Mobil Harus Sering Dipanaskan?

Sudah menjadi rahasia umum jika sebagian pemilik mobil di kota besar, seperti Jakarta, kerap mendiamkan mobil mereka di garasi dan lebih memilih naik angkutan umum. Hal tersebut dikarenakan kondisi jalanan yang macet dan bagi sebagian orang mengemudi dalam kemacetan adalah hal yang melelahkan.

Mobil yang jarang dipakai bukan berarti dapat lebih awet dan terhindar dari kerusakan. Untuk beberapa alasan, meski mobil tidak digunakan, mesin mobil harus dipanaskan secara rutin.

Alasan utama dan jarang disadari orang dari memanaskan mesin mobil secara rutin adalah untuk mencegah kerusakan mesin karena korosi atau karat. Bagaimana mungkin?

mengapa Mobil Harus Dipanaskan Setiap hari

Saat mesin didiamkan dalam waktu yang lama, oli mesin akan turun mengendap di bagian bawah dan mesin menjadi dingin. Hal tersebut dapat menimbulkan terjadinya kondensasi dan membuat uap air memasuki sela-sela ruang mesin.

Uap air yang menumpuk dan bertahan dalam waktu yang lama akan membuat mesin korosi atau karatan. Saat dihidupkan dalam kondisi mesin korosi yang tidak disadari pemilik, maka kerusakan akan menjadi semakin parah. Ini disebabkan komponen mobil yang sudah tidak kokoh karena karat, ditekan kerja berat dan panas mesin tinggi.

Untuk menjaga agar kerusakan tersebut tidak menimpa mesin mobil anda, panaskan mesin mobil secara rutin meski mobil tidak akan dipakai. Paling sedikit satu kali dalam seminggu panaskan mobil sampai di titik panas optimal mesin mobil. Namun idealnya, memanaskan mesin mobil akan lebih baik sedikitnya 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Simak juga tentang bagaimana cara memanaskan mobil yang benar.

Selain mencegah kerusakan mesin mobil, untuk mobil keluaran lama, memanaskan mesin mobil juga penting agar aki / accu mobil tidak tekor. Sebagian pemilik mobil keluaran tahun lama sering mengeluhkan mobil jadi sulit dihidupkan setelah lama tidak digunakan. Beberapa diantaranya mengalami aki tekor sehingga harus membeli aki baru.

Hal tersebut sebenarnya menunjukkan jika ada masalah pada kelistrikan kendaraan. Entah ada arus yang menyala saat mesin dimatikan, atau memang ada alat listrik yang terus menyala dalam mobil.

Oleh karenanya, memanaskan mobil secara rutin penting pula untuk melakukan cas aki mobil anda agar tidak sampai tekor atau mogok. Dan tentu saja akan lebih baik jika secara rutin saat memanaskan, mobil diajak berjalan walau hanya mengelilingi komplek perumahan. Ini penting dilakukan agar komponen pada kaki mobil tidak cepat rusak.