Tips & TrickTips Mengemudi

Kesalahan Umum Yang Dilakukan Pengemudi Pemula

Setiap pengemudi memang memiliki resiko mengalami kecelakaan di jalan raya. Namun untuk orang yang baru memiliki SIM dan baru saja bisa mengemudi, cenderu memiliki resiko yang lebih tinggi saat mengemudi. Penyebab kecelakaan biasanya karena kurangnya pengalaman mengemudi dan juga karena mengabaikan beberapa hal yang mengakibatkan terganggunya konsentrasi saat berkendara.

Meski bukan sesuatu yang bisa dibilang penyebab utama, namun ada baiknya untuk mengenali beberapa kesalahan umum yang biasanya menjadi pengganggu konsentrasi dalam mengemudi hingga dapat menyebabkan kecelakaan di jalan raya.

Kesalahan berkendara saat mengemudi

Tergesa-gesa dan Mudah Panik
Kurangnya pengalaman dalam berkendara di jalan raya terkadang membuat pengemudi pemula menjadi kurang memperhatikan tahapan-tahapan yang aman dalam mengemudi. Karena hal tersebut, mengemudi jadi tampak lebih tergesa-gesa sehingga kerap kali melakukan kesalahan seperti memijak gas terlalu dalam, terlalu cepat memindahkan perseneling hingga berbelok dengan kecepatan yang terlalu tinggi.

Selain itu, kurang pengalaman saat menghadapi kondisi jalan yang berbeda-beda, membuat pengemudi mudah menjadi panik tentang apa yang harus dilakukan. Akibatnya, pengemudi malah mengambil keputusan yang salah dan membahayakan diri sendiri atau pengguna jalan lainnya.

Fokus Mudah Teralihkan Oleh Gangguan
Banyak pengemudi memiliki kebiasaan untuk mendengarkan musik saat sedang berkendara. Alasannya tentu untuk mengusir kebosanan. Namun terkadang kebiasaan mendengarkan musik saat berkendara, apalagi saat musik yang didengarkan terlalu keras, bisa saja merusak konsentrasi pengemudi. Termasuk juga ketika berbincang bersama teman menjadi terlalu seru dan ramai sehingga mengalihkan perhatian.

Selain itu, pengemudi pemula juga kerap terganggu saat bunyi dering telepon atau notifikasi di ponsel mereka. Akibatnya secara reflek pengemudi mengambil ponsel meski sekedar mengecek notifikasi tersebut.

Mengabaikan Rambu Lalu Lintas
Untuk hal yang satu ini, rasanya tak hanya dilakukan oleh pengemudi pemula saja. Pengemudi yang sudah lama dan berpengalaman, namun mengemudi tanpa kesadaran diri berkendara juga kerap mengabaikan rambu lalu lintas yang ada. Namun untuk para pemula, kadang karena terlalu fokus dan gugup saat berkendara membuat mereka kurang mewaspadai adanya rambu-rambu lalu lintas yang terpasang. Sehingga tanpa disadari mereka melakukan pelanggaran yang bisa saja membahayakan baik untuk mereka maupun orang lain.

Kurang Perhatikan Kondisi Mobil
Saat berkendara, karena belum terbiasa maka kerap kali pengemudi lupa untuk memperhatikan kondisi mobil yang mereka kendarai. Misalkan saja memastikan tekanan angin ban, posisi kaca spion yang kurang nyaman, bensin tidak cukup terisi atau juga panel-panel indikator yang ada. Selain cukup berbahaya, kebiasaan ini bisa saja merugikan diri sendiri seperti bensin yang tiba-tiba habis di perjalanan.

Hal-hal diatas sebenarnya tidak hanya menjadi kesalahan umum berkendara pengemudi pemula. Pengemudi yang berpengalaman juga bisa saja melakukan kesalahan tersebut. Maka dari itu, cobalah untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian saat berkendara. Agar tidak membahayakan diri sendiri dan juga pengguna jalan lainnya.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker