Kenali Perbedaan Velg Mobil Asli dan Palsu / Replika

Mengganti velg atau pelek merupakan salah satu cara paling mudah untuk merubah penampilan mobil anda. Dengan satu langkah saja, maka mobil akan tampil lebih segar dan berbeda dari sebelumnya. Apalagi sekarang menemukan penjual velg mobil sudah sangatlah mudah. Berbagai model dan jenis velg mobil dapat kita temukan, baik dari kualitas asli import, OEM maupun imitasi atau KW.

Jika anda memutuskan untuk membeli velg baru bagi mobil anda, mungkin ada baiknya untuk mengenali kualitas velg yang diinginkan. Hal ini dikarenakan sekarang sudah banyak jenis dan model velg ternama yang diproduksi oleh pabrikan lain sebagai velg replika atau sering disebut KW. Meski banyak yang lebih memilih velg replika karena harga yang lebih terjangkau, namun untuk yang mengincar velg kualitas asli atau original sebaiknya mengetahui perbedaan kedua jenis velg tersebut. Hal ini bertujuan agar saat anda memilih dan membeli velg mobil, tidak sampai memperoleh kualitas velg yang salah atau tidak diinginkan.

Perbedaan Velg Mobil Ori dan Replika

Perbedaan Pelek Mobil Asli dan Replika / Palsu

Harga Velg Original Lebih Mahal
Hal ini adalah hal yang lumrah. Meski tergantung dengan merk dan kepopuleran velg tersebut, namun harga velg asli bisa mencapai 5 kali lebih mahal dari harga velg replika. Dengan harga tersebut, dapat dimaklumi karena velg asli memiliki kualitas yang tentu lebih baik. Namun berhati-hati pula, karena velg mahal belum tentu asli. Ada juga pedagang nakal yang menjual velg replika dengan harga mahal dan mengklaim kalau velg yang mereka jual adalah barang asli.

Bobot Velg Yang Berbeda
Meski sama-sama dibuat dengan bahan alumunium alloy, namun velg asli cenderung memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan replikanya. Hal ini dikarenakan pabrikan replika hanya mengambil desain dari velg yang populer, namun tidak bisa menyamai campuran materialnya. Perbedaan bobot ini sendiri bisa mencapai 30 hingga 40 %.

Kualitas Pembuatan Velg
Velg asli dan replika memang memiliki persamaan yang serupa, namun velg asli akan lebih unggul di detail dan penyempurnaan ‘finishing’ velg tersebut. Mulai dari lapisan coating, PCD yang sempurna, hingga detail-detail kecil lainnya. Namun belakangan, perusahaan velg replika juga sudah mulai memperhatikan detail tersebut sehingga dapat memproduksi finishing yang terlihat rapih.

Detail Yang Berbeda
Velg replika import kebanyakan masih belum meniru hingga ke merk atau detail tulisan emboss. Biasanya, velg replika atau palsu akan merubah sedikit di bagian yang ini. Misalkan velg asli memiliki tulisan “Made In Japan”, maka replika akan membuat tulisan lain seperti contohnya “Designed id Japan”. Atau bisa juga merubah merk seperti VolkRays menjadi YolkRays.

Apakah Velg Mobil Replika Itu Jelek?

Soal pertanyaan ini masih menjadi hal yang diperdebatkan. Namun semua tergantung kebutuhan. Jika untuk merubah penampilan dengan dana terbatas dan hanya digunakan untuk pemakaian harian, menurut kami velg replika masih layak untuk dipilih. Sejauh ini, dengan pemakaian yang normal banyak velg replika masih mampu bertahan dan tidak mengecewakan. Namun jika untuk kebutuhan khusus seperti balapan, maka velg asli lebih direkomendasikan karena bobot yang ringan.