Tips & TrickTips Otomotif

Kenali Penyebab Mesin Mobil Terasa Mengelitik

Untuk pengemudi atau pemilik kendaraan yang dapat merasakan karakter mesin mobil yang sedang ia kendarai, terkadang dapat merasakan secara langsung jika mesin mobil ngelitik atau knocking saat pedal gas dipijak secara spontan. Apalagi saat posisi gigi terlalu tinggi untuk sedang berjalan dengan kecepatan rendah atau sedang. Meski bagi beberapa orang terasa wajar, namun untuk yang peduli dengan kesehatan mesin, pasti akan merasa terganggu.

Mesin mengelitik mungkin masih bisa dipergunakan secara normal. Namun demikian, kondisi ini sebenarnya adalah hal yang tidak normal dan tidak boleh dibiarkan berkepanjangan. Menurut beberapa mekanik mesin mobil, umunya penyebab mesin mobil ngelitik adalah karena campuran bahan bakar di ruang bakar yang kurang sempurna. Namun selain itu, ada beberapa penyebab lainnya yang mungkin dapat diperhatikan untuk diperiksa lebih lanjut.

Penyebab Mesin Ngelitik dan Mengatasinya

Penyebab Mesin Mobil Ngelitik Saat Digas

Spesifikasi Bahan Bakar Tidak Sesuai
Hal yang paling mudah dikenali adalah saat pemilik kendaraan menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobil yang digunakan. Mobil keluaran terbaru kebanyakan sudah meminta bahan bakar dengan oktan minimal 92. Jika pemilik menggunakan bbm premium dengan oktan 88, maka kemungkinan mesin ngelitik akan semakin tinggi.

Kompresi Terlalu Tinggi
Selain karena bahan bakar, kompresi mesin yang terlalu tinggi melampaui spesifikasi standar mesin juga bisa menjadi penyebab mesin mengelitik. Hal ini bisa dikarenakan katup-katup yang ada pada mesin tidak terbuka sempurna. Bisa saja disebabkan klep yang mulai berkerak atau lapisan karet yang sudah terlalu kotor dan harus segera dibersihkan.

Saringan Fuel Pump Sudah Kotor
Saringan pompa bensin atau fuel pump yang sudah terlalu kotor juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Saringan yang terlalu kotor ini tidak dapat menyaring bensin dengan baik sehingga ada kotoran yang terbawa ke dalam ruang pembakaran.

Kinerja Sensor MAP Mulai Melemah
Untuk mobil-mobil keluaran terbaru, kinerja sensor Manifold Absolute Pressure (MAP) yang berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang ada pada intake manifold juga berpengaruh dalam menyebabkan kinerja mesin menjadi ngelitik. Sensor yang sudah tidak maksimal akan membuat pengukuran menjadi kurang akurat, sehingga komputer bisa saja memperbanyak atau mengurangi asupan bahan bakar. Akibatnya, pembakaran akan menjadi kurang sempurna.

Tips Cara Mengatasi Mesin Ngelitik

Untuk mengatasi mesin ngelitik yang paling umum ada dua cara. Yang pertama adalah dengan melakukan service carbon clean yang sudah banyak disediakan di bengkel-bengkel mobil. Cara ini dapat dipilih jika diperkirakan penyebab mesin ngelitik adalah karena ruang mesin yang kotor dipenuhi karbon. Meski tidak sepenuhnya membersihkan, tapi kinerja mesin dan pembakaran akan lebih baik dari sebelumnya.

Cara kedua untuk mengatasi mesin ngelitik adalah dengan melakukan top overhaul engine atau lebih populer dengan sebutan turun setengah mesin. Dengan cara ini, maka pembersihan dan perbaikan dilakukan secara maksimal. Tentu saja beberapa part penting akan diganti seperti seal klep, packing cylinder head dan packing water pump. Selain itu, kondisi part lain juga perlu diperhatikan kondisinya. Jika memang sudah kurang baik, maka penggantian part dapat menjadi lebih banyak lagi.

Related Articles

Leave a Reply

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker