Kenali Faktor Penyebab Membuat Ban Mobil Cepat Habis

Ban mobil adalah salah satu bagian yang sangat vital untuk keselamatan berkendara. Sangat penting bagi pemilik mobil agar selalu memperhatikan dan menjaga agar ban mobil selalu dalam kondisi baik dan normal.

Sayangnya untuk komponen yang termasuk sangat penting dan vital, banyak pemilik mobil yang kurang awas dan kurang peduli dengan kondisi ban mobil mereka. Tak jarang kita melihat mobil yang berjalan dengan kondisi ban mobil kurang angin, memiliki kembang ban yang sudah tipis hingga ban yang botak, gundul dan sudah terlihat retak-retak.

Agar ban mobil selalu berada dalam kondisi yang prima dan mengurangi potensi membahayakan saat mobil dikendarai, penting untuk selalu melakukan pemeriksaan kondisi tapak ban secara rutin. Selain dikarenakan jarak tempuh pemakaian, tapak ban juga dapat habis atau rusak dikarenakan usia. Selain itu, kondisi jalanan yang sering dilalui juga sangat mempengaruhi masa pakai ban mobil.

Penyebab Ban Mobil Cepat Habis Depan dan Belakang

Faktor Penyebab Ban Mobil Cepat Habis

Tekanan Angin Ban Yang Tidak Standar

Tekanan angin ban mobil yang tidak sesuai dengan standar yang dianjurkan dari pabrikan mobil akan memperpendek usia ban mobil yang digunakan. Biasanya hal ini dikarenakan tekanan angin yang kurang dari batas yang dianjurkan.

Akibatnya ban mobil akan berjalan dengan tapak yang bekerja lebih luas dari yang seharusnya. Hal ini akan membuat gesekan ban dengan permukaan jalan jadi lebih luas dan lebih berat dari yang seharusnya. Tidak hanya akan menyebabkan kembang ban mobil cepat habis dan menipis, tapi ada kemungkinan ban mobil menjadi retak-retak bahkan pecah saat di kecepatan tinggi.

Bobot Mobil Yang Terlalu Berat

Penyebab ban mobil cepat habis yang berikutnya adalah adanya bobot mobil yang melebihi kapasitas yang mampu ditanggung oleh ban mobil. Semakin berat bobot mobil, maka ban akan menanggung beban yang semakin berat pula.

Meski terdengar sepele dan sederhana, kombinasi dari beban yang berlebihan, jarak tempuh kendaraan dan kondisi aspal atau jalanan yang tak menentu akan mempercepat usia pakai ban mobil anda.

Atas alasan itu, maka perlu untuk memperhatikan kode pada ban mobil yang tercantum. Dari kode tersebut, dapat diketahui berapa beban maksimal yang direkomendasikan untuk ban mobil yang anda gunakan.

Tidak Merawat Komponen Kaki-Kaki Mobil

Faktor terakhir yang menyebabkan ban mobil cepat habis adalah seringnya pemilik mengabaikan perawatan kaki-kaki kendaraan terutama dalam hal menjaga sudut ban atau spooring serta balancing. Ban yang sudutnya tidak tepat atau tidak selaras dapat membuat cepat aus dengan daerah tapak yang tidak merata.

Umumnya untuk pemilik yang melakukan setting chamber atau toe tidak sesuai standar pabrikan, akan lebih sering merasakan ban mobil lebih cepat habis. Jika anda mempertanyakan mengapa ban depan mobil cepat habis, mungkin setting ban mobil depan anda tidak lurus dan mengarah ke dalam (toe).

Perilaku Mengemudi Yang Kurang Baik

Faktor terakhir adalah perilaku atau kebiasaan mengemudi yang kurang baik juga dapat menjadi penyebab ban mobil menjadi cepat habis. Misal cara pengereman yang suka mendadak, atau cara berkendara yang gemar berakselerasi maksimal di awal, akan membuat kontak ke permukaan aspal berlebihan dan akhirnya cepat botak.

Jika dapat mengantisipasi faktor penyebab di atas, besar kemungkinan ban mobil anda akan lebih awet dan sesuai masa pakainya. Selain itu, jika terasa ban mobil cepat habis sebelah bagian saja, ada baiknya untuk melakukan rotasi ban mobil secara berkala.