Kenali Arti Radius Putar Mobil dan Pengaruh Dalam Berkendara

Saat melihat spesifikasi mobil, salah satu yang menjadi point adalah radius putar. Angka radius putar mobil memiliki nilai yang berbeda-beda. Lalu apa arti dari angka radius putar tersebut?

Radius putar mobil adalah nilai atau jarak lingkaran yang diperlukan oleh mobil untuk dapat berbelok secara penuh. Dengan mengetahui ukuran radius putar mobil yang dikendarai, pengemudi dapat menghitung seberapa besar awalan yang diperlukan saat akan melakukan putaran atau berputar balik di U-turn misalnya.

Memahami radius putar pada mobil

Pada umumnya, ukuran dan jenis mobil akan mempengaruhi kebutuhan radius putar mobil tersebut. Semakin kecil mobil akan membutuhkan radius putar yang semakin kecil pula. Sebagai contoh, mobil LCGC seperti Toyota Agya atau Honda Brio memiliki radius putar sekitar 4,6 meter, sementara radius putar Low MPV seperti Toyota Avanza adalah 4,7 meter.

Meskipun bukan sebuah patokan yang mutlak, namun mobil dengan jenis penggerak roda belakang juga cenderung memiliki radius putar yang lebih kecil dibandingkan mobil penggerak roda depan. Contohnya meski di kelas yang sama yaitu Low MPV, namun Mitsubishi Xpander memiliki radius putar 5,2 meter.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi ukuran radius putar mobil adalah wheel base atau jarak antara kedua sumbu roda. Semakin panjang wheelbase berarti semakin besar pula radius putar yang dimiliki, namun akan semakin stabil pula mobil tersebut di trek lurus. Sedangkan mobil dengan wheelbase pendek akan lebih mudah untuk bermanuver.